Search

DPRD Sijunjung Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Ranah Lansek Manih ke 75


Sijunjung,Salingkaluak.com,-Tahun ini kabupaten Sijunjung masuki usia ke 75. Peringati hari Jadi ke 75, DPRD Sijunjung gelar sidang istimewa pada Minggu 18/2/24. 

Sidang Pripurna Istimewa yang diadakan di Gedung rakyat Ranah lansek manih dipimpin langsung ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irawan. 

Sebelum dibuka secara resmi oleh ketua Dewan, acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Ayat Suci Al Quran.

Pada kesempatan itu, Mendagri diwakili Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Dr. La Ode Ahmad P. Balombo, AP, M.Si , mengatakan, pemerintah daerah kabupaten sijunjung, telah mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.  Hal ini bisa kita ukur dari capaian  program- program yang menyasar kebutuhan masyarakat dilapangan.

"Pemda telah membuktikan keseriusannya dalam membangun Sijunjung,"dengan berbagai prestasi yang diraih. Semua ini tidak akan bisa diraih, bila tidak kolaborasi semua pihak, kata Dirjen Bina Pemdes. 

Dirjen Bina Pemdes  juga mengapresiasi suksesnya Pemilu  pilres, pileg di Sijunjung dan diaplikasikannya Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital. 

"Wapres baru melaunching MPP Digital bulan Juni 2023 lalu, hari ini telah dilaunching di Sijunjung,". Kedepan Sijunjung harus mampu melihat jauh kedepan, persaingan diseluruh sektor semakin ketat, untuk itu, Bupati dan jajaran nya bersama masyarakat mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang handal, hebat dan siap bersaing dengan siapa saja, untuk meraih yang terbaik, harap Dirjen Bina Pemdes.

Gubernur Sumbar diwakili Asisten II Arry Yuswandi, SKM, MKM memberi apresiasi, Karena Kabupaten Sijunjung,. 

Sijunjung sudah berada di jalan yang benar. Telah berhasil meraih prestasi diberbagai bidang. Tanpa kerja keras, tak mungkin prestasi didapatkan.

"Sekarang tak ada lagi istilah Mentawai Kedua, karena capaian dan indikator pembangunan manusia Sijunjung sudah naik signifikan,"  selama ini urutannya pada posisi 18, artinya segaris diatas Kabupaten mentawai, kata Arry yang pernah bertugas di Ranah Lansek Manih. 

Kedepannya generasi muda harus dilibatkan dalam perencanaan pembangunan.Peman faatan potensi Geopark Ranah Minang Silokek harus lebih ditingkatkan.

"Indikator makro, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita naik drastis dari posisi 18 di tahun 2020, menjadi posisi 12 tahun 2023 lalu dan angka kemiskinan Sijunjung turun,, ini prestasi yangperlu ditingkatkan lagi, tegas Asisten ll.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang menyampaikan, pada usia ke 75 tahun ini perlu kita syukuri, dan ucapan terimakasih kepada pejuang dan pendiri Kabupaten ini.

Sudah banyak keberhasilan yang telah kita raih baik dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

Untuk itu mari bersama-sama berkontribusi, bersinergi berkolaborasi dan berinovasi untuk Kabupaten Sijunjung yang lebih baik,  ajak Benny.

Tokoh masyarakat yang  Wakili Rektor II UIN Sjech M. Djamil Djambek, Bukittinggi Prof. Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd,   ter haru dan bangga,  karena Sijunjung terus tumbuh maju  dengan keberhasilan pemerintah dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang baik bersih dan berwibawa telah mampu melaksanakan tugas yang sangat luas dan kompleks pemerintah dengan wewenangnya telah dapat mengatur kehidupan warganya akan menjadi lebih baik dari tahun ke tahun.

Pemerintah telah menjalankan tiga fungsi  pemerintahan yakninya pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan ekonomi dari tahun ke tahun. Pemerintahan Kabupaten ini telah berusaha dan berupaya membangun Kabupaten Sijunjung agar dapat bersaing dengan daerah lain baik di Sumatera Barat maupun di tingkat nasional dan internasional.

buktinya selama di tahun 2023 Bupati Sijunjung telah memperoleh penghargaan diantara daerah  tertib ukur,

"Sebagai tokoh penggerak koperasi  serta berbagai capaian lainnya patut membuat Sijunjung berbangga di Hari Jadi Kabupaten ke-75 tahun ini," ujar Zulfani. 

Setelah mendengarkan berbagai sambutan dan terakhir dari Dirjen Bina Pemdes,Ketua DPRD Ranah Lansek Manih menutup secara resmi sidang Paripurna Istimewa dewan, serta diakhiri menyanyikan lagu padamu negeri dan dilanjutkan makan siang bersama.

Sidang Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka HJK Sijunjung ke-75 dihadiri oleh bupati, wakil bupati, anggota DPR-RI, bupati/walikota daerah tetangga, anggota DPRD, Forkopimda, seluruh komponen masyarakat, ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai, pimpinan organisasi, tokoh masyarakat serta pers. (alim)