-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Willys MB, Jeep Legendaris Angkatan Darat Amerika


Kendaraan jenis Jeep Willys satu ini begitu legendaris; Angkatan Darat A.S. meminta kendaraan yang mampu membawa mereka melaju bak pahlawan. Semangat Willys MB ditempa oleh api tempur dan diasah dalam panasnya pertempuran, membakar semangat dalam hati prajurit yang berjuang untuk kebebasan.
Ikatan emosional yang agresif terjalin antara tentara dan jeep 4x4-nya. Kesetiaan MB terpatri dalam hati setiap GI, di setiap area pertempuran, dalam setiap peran yang dijalankannya.
Baca Juga: SMPN 6 Kembangkan Pembelajaran Daring Tanpa Paket Data Internet
Jeep® 4x4 yang tangguh dan simpel ini menjadi rekan terbaik GI - selain senapannya. Bahkan, salah satu MB menerima penghargaan Purple Heart ketika dipulangkan.
MB menjadi pionir revolusi dalam penggunaan kendaraan militer bermotor kecil di Angkatan Darat A.S. Tidak lama setelah kehadirannya, kuda, sepeda motor, mobil tunggal, serta sespan dianggap kuno.
Kendaraan MB yang serbaguna ini sangatlah akomodatif. Untuk pertempuran, kendaraan ini dapat dipersenjatai dengan senapan mesin berkaliber .30 atau .50. Kendaraan ini juga dapat dimodifikasi untuk patroli gurun jarak jauh, penyapu salju, pemasangan telepon kabel, penggergajian kayu, sebagai pemompa pemadam kebakaran, ambulans lapangan, traktor, dan bahkan melaju di rel kereta api dengan memasang roda yang sesuai.
Kendaraan MB ini dapat dimuat dalam pesawat angkut untuk tujuan pengerahan cepat, serta ukurannya yang cukup kecil sangat pas dinaikkan ke dalam pesawat glider besar yang digunakan dalam D-day (Hari-H) invasi Eropa.
Selama perang, kit lapangan yang dibuat sesuai kebutuhan dikembangkan untuk kondisi musim dingin dan gurun pasir, menerobos air yang dalam, serta kebutuhan tempur lainnya.
Jenderal George C. Marshall, Kepala Staf Angkatan Darat A.S. saat Perang Dunia II (yang kemudian menjabat sebagai Sekretaris Negara A.S.) menggambarkan Jeep® 4x4 sebagai kontribusi terbesar Amerika pada kancah perang modern.
Ernie Pyle, Wartawan untuk Scripps Howard pada Perang Dunia II pernah mengatakan, kendaraan ini mampu melakukan segalanya. Kendaraan ini mampu menjelajah ke mana saja. Ia sama setianya seperti anjing, sekuat bagal, dan selincah kambing. Kendaraan ini terus-menerus mengangkut beban dua kali lipat dari rancangannya dan mampu terus melaju.
Baca Juga: Riwayat Mobil Jeep Dari Masa Kemasa
Meskipun Willys MB bukan kendaraan berpenggerak empat roda pertama, slogan Jeep®, yakni Melaju ke mana pun, Mampu melakukan apa pun (Go anywhere, Do anything®) memengaruhi setiap generasi penerus 4x4 yang dirakit.
Museum of Modern Art di New York memajang Jeep® 4x4 militer sebagai satu dari delapan mobil yang dianggap sebagai "mahakarya seni otomotif yang langka.
Sumbar : Jeep.co.id
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

Mitra iklan

Hosting Unlimited Indonesia

mitra iklan

Hosting Unlimited Indonesia