Search

Sekilas Tentang Es Buah Nipah

Buah nipah, yang baru-baru ini menjadi viral dalam dua tahun terakhir, telah menarik perhatian banyak orang di daerah Ulakan Tapakis-Tiram Nan Sabaris, Padang Pariaman. Minuman segar ini tidak hanya berfungsi sebagai pelepas dahaga, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. 

Di kawasan wisata Green Talao Park, yang terletak di Ulakan, Kabupaten Padang pariaman, buah nipah juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Kawasan ini menawarkan sensasi menyusuri hutan mangrove nipah dan mengayuh kano di estuari. Bahkan, Green Talao Park terpilih sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain itu, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman telah melaksanakan pelatihan kuliner bagi pelaku usaha kuliner olahan dari buah nipah yang berasal dari desa wisata GTP Ulakan. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih banyak orang pada kelezatan dan manfaat buah nipah. Dengan semakin banyak orang yang mengetahui dan menikmati es buah nipah, kita dapat berharap bahwa tradisi ini akan terus hidup dan berkembang, meskipun tren mode berubah dan pakaian lain menarik perhatian

Buah nipah memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Kandungan Gizi yang Kaya: Buah nipah mengandung serat, vitamin C, kalium, dan antioksidan. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat, vitamin C dan antioksidan melindungi tubuh dari radikal bebas, dan kalium berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung: Buah nipah membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol .

Mendukung Kesehatan Otak: Kandungan antioksidan dalam buah nipah melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif dan peradangan, membantu mencegah penurunan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

Menyehatkan Kulit: Vitamin C dan antioksidan dalam buah nipah membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan.

Pendukung Pencernaan: Serat dalam buah nipah memperlancar proses pencernaan dan mempromosikan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Berikut adalah resep es buah nipah yang mudah dibuat di rumah:

Bahan-bahan:

10 buah stroberi

1 buah kiwi

15 buah anggur

2 buah apel malang

1 buah naga merah

1 kotak cincau hitam

2 sachet susu kental manis

Sirup rasa cocopandan, secukupnya

Es batu, secukupnya

Air dingin, secukupnya

Cara membuat:

Potong-potong seluruh buah menjadi dadu kecil.

Campurkan semua buah dalam wadah, lalu tambahkan sirup, susu kental manis, dan air. Koreksi rasa manisnya.

Masukkan es batu.

Sajikan es buah segar selagi dingin.

Buah nipah, juga dikenal dengan nama latin Nypa fruticans, tumbuh subur di daerah pesisir tropis. Penampilannya unik, menyerupai kelapa muda, tetapi ukurannya lebih kecil. 

Selama berabad-abad, buah nipah telah menjadi bagian penting dari budaya dan kehidupan masyarakat pesisir. Kaya akan gizi, seperti serat, vitamin C, kalium, dan antioksidan, buah nipah memiliki manfaat bagi kesehatan jantung, otak, kulit, pencernaan, diabetes, dan mata. Selain itu, buah nipah juga memiliki efek antiinflamasi alami. Jadi, mari kita terus menghargai keajaiban alam ini dan memanfaatkannya dengan bijaksana.


Penulis: Obel SP.MP 

Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand