-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Pentingnya Peran Pemerintah Dalam perlindungan Cagar Budaya


Limapuluh Kota,- Untuk menjaga, merawat dan melindungi cagar budaya atau objek yang diduga cagar budaya tidak hanya bisa dilakukan pemilik atau pengguna cagar budaya saja. Peran pemerintah tentu sangat diharapkan dalam hal ini. 

Menjaga dan merawat cagar budaya sudah dipastikan butuh biaya dan aturan aturan yang mengikat sehingga tidak ada terjadi perubahan bentuk atau alih fungsi pada cagar budaya tersebut. Jika terjadi akan hilang nilai sejarah dan budayanya. 

Langkah awal dalam melindungi tentu dengan menetapkan objek yang diduga cagar budaya menjadi cagar budaya. Memastikan objek tersebut tentu perlu pendataan dan verifikasi tim ahli sehingga bisa di ketapkan oleh kepala daerah, sampai ke tingkat kementerian. 

Pentingnya perlindungan cagar budaya dan objek yang diduga cagar budaya dikupas habis oleh M.Fajar Rillah Vesky saat menjadi salah satu narasumber di kegiatan Balai Pelestarian Budaya Wilayah III Sumbar bersama dinas Pendidikan Dan kebudayaan Limapuluh Kota pada Kamis 23/11/23 kemaren. 

Dihadapan peserta dan panitia acara edukasi perlindungan cagar budaya Limapuluh Kota, Tokoh muda dari Situjuah Tungka Kecamatan Situjuah Limo nagari Kabupaten Limapuluh Kota ini tekankan pentingnya keseriusan pemerintah dalam menjaga dan melindungi aset cagar budaya maupun objek yang diduga cagar budaya di daerah ini. 

Apalagi saat ini Limapuluh Kota sudah memiliki tim ahli untuk mendata, mencatat serta memverifikasi objek objek yang diduga cagar budaya. 

Fajar Rillah Vesky mencontohkan dengan salah satu objek cagar budaya pra sejarah yang ada di kecamatan Situjuah. gua Lidah Ajer. Dari beberapa penelitian nasional maupun internasional gua tersebut sudah dihuni oleh manusia puluhan ribu tahun lalu. Sayang saat ini lokasi tersebut terancam bisa berubah fungsi karena berada dalam lokasi pertambangan yang dimiliki salah seorang pengusaha asing asal Belanda. Dan sudah beberapa kali masuk dalam pelelangan objek sitaan. 

Tentu kita tidak ingin aset yang sangat bersejarah ini bisa hilang begitu saja kedepannya. Untuk itu pemerintah harus secepatnya turun tangan menyatakan bahwa gua Lidah Ajer tersebut ditetapkan sebagai salah satu situs cagar budaya Limapuluh Kota. 

Kalau sudah ditetapkan sebagai cagar budaya tentu sudah memiliki kekuatan hukum untuk di lindungi dari perubahan bentuk atau alih fungsi, Kata Tokoh muda Situjuah yang memiliki perhatian tinggi atas sejarah dan cagar budaya di Limapuluh Kota. 

Pada kesempatan tersebut fajar menekankan pentingnya pemerintah daerah turun tangan dengan serius dalam hal cagar budaya ini. Baik itu secara undang undang maupun dalam bentuk anggaran perawatan untuk menjaga dan melindungi aset aset cagar budaya atau Objek yang diduga cagar budaya. 
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar