-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Dongkrak Pariwisata, Pintu Tol Pekanbaru - Pangkalan Dekat Candi Muara takus

foto: cakaplah.com

Kampar,- Salah satu pintu tol Pekanbaru - Pangkalan akan berdekatan dengan Candi Muara takus Kabupaten Kampar. yang mana Candi tersebut salah satu cagar budaya dan ikon wisata Kampar. 

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto mengatakan, didekatkannya pintu tol Pekanbaru- Pangkalan ke Candi Muara Takus tersebut dilakukan dengan cara menambah panjang jalan tol sepanjang 7 Km.Hal itu untuk mendukung akses menuju tempat wisata tersebut.Seperti disadur dari cakaplah.com

Alhamdulillah, kunjungan kerja Pak Presiden ke Riau pekan lalu ke Riau membawa banyak kabar baik bagi Provinsi kita ini. Salah satunya penambahan panjang jalan tol Pekanbaru-Pangkalan 7 Km mendekati tempat wisata Candi Muara Takus, kata SF Hariyanto, Senin lalu kepada awak media di Pekanbaru.

Untuk semakin mendukung akses jalan ke lokasi wisata tersebut, lanjut SF Hariyanto, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau juga akan membangun jalan akses keluar pintu tol ke Candi Muara Takus.

Jadi kami melalui APBD juga akan membangun akses jalan keluar dari pintu tol Pekanbaru-Pangkalan. Sehingga masyarakat akan semakin mudah untuk menuju lokasi wisata sekaligus cagar budaya Candi Muara Takus, terangnya.

Selain itu, SF Hariyanto mengatakan, pihaknya juga meminta kepada Menteri PUPR agar cagar budaya Candi Muara Takus untuk penataan kawasannya.

Candi Muara Takus ini kan cagar budaya yang lebih tua dari Candi Borobudur. Jadi kiat berharap harapkan juga dari pusat untuk penataan kawasannya, Alhamdulillah pak Menteri setuju dan kepala balai juga sudah diminta untuk mengecek semua. Pak Menteri juga sudah keliling ke situ. Artinya adalah perhatian pusat untuk penataan kawasan Candi Muara Takus, tukasnya.

2023 jalan Tol Bangkinang - Pangkalan tuntas

Sementara itu progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Padang pada Seksi Bangkinang-Pangkalan saat ini sudah mencapai 70 persen lebih.

Jalan bebas hambatan sepanjang 24,7 kilometer (Km) itu ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini. Sehingga tahun 2024 bisa difungsionalkan.

Progres fisik jalan tol Bangkinang-Pangkalan sudah mencapai 70 persen lebih, kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, Selasa (10/1/2023).

Seperti di kutip dari cakaplah.com, SF Hariyanto mengatakan, jalan tol Bangkinang-Pangkalan hanya sampai di Desa Tanjung Alai, XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar dan belum lanjutkan ke Pangkalan, Sumatera Barat (Sumbar).

Untuk pembangunan tol Bangkinang-Pangkalan Insya Allah tahun 2023 selesai, tuntas semua. Saat ini pembangunan terus digesa, terangnya.

Disinggung soal pembebasan lahan jalan tol Bangkinang-Pangkalan, SF Hariyanto menyatakan sudah hampir selesai, karena saat ini hanya ada sedikit pembebasan kawasan hutan.

Pembebasan lahan hampir selesai, tinggal sedikit ada pelepasan kawasan. Tapi itu sambil berjalan selesai tahun ini, tukasnya.

Sumber: Cakaplah.com

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar