Search

Puluhan Rumah Warga Di Tanah Datar Rusak Akibat Cuaca Ekstrim

Tanah Datar, - Cuaca Ekstrim yang melanda beberapa daerah di Sumatera Barat sejak kemaren siang hingga,Kamis 01/04 mengakibatkan puluhan rumah rusak akibat diterpa angin dan ditimpa pohon tumbang. Seperti di Kabupaten Tanah Datar puluhan rumah wara alami rusak ringan hingga berat. 

Thamrin,Kepala Pelaksana BPBD Tanah Datar kepada awak media menyampaikan,sampai saat ini kita masih mengidentifikasi kerusakan yang di akibatkan bencana cuaca tersebut."ada beberapa data yang masuk akan tetapi belum lengkap,seperti di Nagari Sijangek,Parambahan,lawang mandahiling,Pagu Pagu Pandai Sikek,Padang Laweh Malalo,Salimpaung banyak rumah yang atapnya rusak diterbang angin.

"Beberapa kerusakan terlihat cukup parah terdapat di Nagari Balimbiang,Labuah,Batu Bulek,Batu Taba,Tigo Jangko,Tanjuang Bonai terdapat belasan rumah yang tertimpa pohon tumbang serta dibeberapa daerah lain yang masih belum kami dapatkan informasinya hingga saat ini,juga banyak pohon yang tumbang menutupi jalan diantaranya sudah di atasi pihak BPBD dan warga sekitar.

Senada dengan Pihak BPBD,Lutfi,S.Pd Walinagari Tanjung Bonai mengungkapkan,"ada 8 Unit rumah warga kami yang rusak berat karena pohon yang tumbang serta 6 unit rusak ringan.

"Untuk sementara korban beserta masyarakat telah bergotong royong dengan cara menyingkirkan kayu yang jatuh menimpa rumah,"kerugian belum bisa ditafsirkan hanya saja kita dari pihak nagari akan berupaya mencarikan solusi untuk perbaikan rumah yang rusak.(haries)