-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Persiapan PBM Daring SMP Islam Raudhatul Jannah



Payakumbuh --- Tenaga Pendidik SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh mengikuti kegiatan workshop peningkatan kompetensi guru pada hari Sabtu, 4 Juli 2020 untuk persiapan PBM masa New Normal. Peningkatan kompetensi guru dilakukan dengan mempelajari pembuatan video pembelajaran melalui aplikasi videoscribe dan editing video Filmora.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah guru SMP Islam Raudhatul Jannah, utusan guru masing-masing unit, dimulai dari tingkat PAUD sampai dengan SMA di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah.

Baca Juga: Masyarakat Indonesia Lihat Ponsel Dalam jarak Hitungan Menit

Kepala SMP RJ Ersis Warman, S.HI dalam pembukaan workshop menyampaikan harapannya agar guru-guru dapat menyiapkan materi yang bisa dipelajari peserta didik ketika belajar di rumah melalui video yang dibuat nantinya.

"PBM daring baru akan berhasil jika guru memiliki 3 hal:melek teknologi, punya learning manajement system, dan tepat dalam memilih konten," ujarnya.

Pemateri dari workshop pembuatan video pembelajaran ini tidak mendatangkan pemateri dari luar sekolah namun berasal dari lingkungan SMP Islam Raudhatul Jannah itu sendiri.

Pematerinya adalah Idris, S.Pd.I guru matematika sekaligus wakil kepala sekolah bidang talenta dan lnovasi di sekolah ini. Idris yang berpengalaman memberikan materi video pembelajaran di sekolah-sekolah yang mengundangnya, baik di Kota Payakumbuh dan Provinsi Sumatera Barat membuat guru di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah bersemangat.

Sebelum memulai workshop, Idris pun menyiapkan game interaktif tentang media pembelajaran dengan aplikasi kahoot. Kemudian materi yang pertama diberikan mengenai videoscribe. Saat tugas mandiri dipilihlah satu video terbaik, yaitu hasil karya dari Risa Fadillah, S.Si, guru seni dan budaya SMP Islam Raudhatul Jannah.

Sedangkan untuk penggunaan aplikasi filmora, setiap guru tampil menunjukkan hasil karyanya perkelompok permata pelajaran. Guru antusias mempresentasikan  hasil editan videonya dan hampir semua kelompok maju ke depan.

Wakil Kurikulum Hardi Setiawan, S.Si menegaskan pada semua guru untuk mengumpulkan hasil karyanya tanpa terkecuali. Video yang dihasilkan guru dapat memberikan layanan pendidikan pada seluruh siswa SMP Islam Raudhatul Jannah. Sehingga siswa tidak terugikan kegiatan pembelajaran pada masa pandemi meski berada di rumah nantinya.

Workshop pembuatan video pembelajaran ini ditutup oleh wakil ketua yayasan Misrayeti, S.Pd. Aud. setelah mengumumkan peserta pembuat video terbaik. (relis)
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

Mitra iklan

Hosting Unlimited Indonesia

mitra iklan

Hosting Unlimited Indonesia