Search

ASN Harus Lanjutkan Pendidikan Kejenjang Lebih Tinggi

Padang Pariaman, beritasumbar.com ,-Bupati Ali Mukhni menghimbau kepada semua Aparat Sipil Negara (ASN) Padang Pariaman untuk meningkatkan pendidikan yang lebih tinggi. Bagi yang sudah sarjana, lanjut sekolah untuk mengambil S-2 dan apabila sudah tamat S-2 lanjutkan ke program Doktoral. Hal itu dikatakan oleh Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni saat acara wirid di Masjid Agung Syekh Burhanuddun, Ulakan Jumat (6/7) kemari. 

Ali Mukhni menjelaskan, bahwa dari 27 kepala OPD yang telah berpendidikan sebanyak 20 orang berpendidikan Magister. Namun untuk mengikuti program Doktor, baru satu orang yaitu Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan. "Jika 50% saja Kepala OPD yang Doktor, tentu saya, Bupati, Wakil Bupati dan Sekda akan mudah bekerja karena dikelilingi orang yang taat ibadah dan cerdas, " kata Bupati Ali Mukhni.

Pada kesempatan itu Bupati Ali Mukhni  juga menyampaikan kelanjutan pembangunan Asrama Haji yang telah dimulai sejak dua minggu lalu. Diketahui pembangunan sempat terhenti karena tidak adanya penganggaran. Namun katanya, berkat kebersamaan antara Kementerian Agama Pemprov Sumbar, Pemkab Padang Pariaman dan Legislatif pusat hingga daerah, maka dianggarkan kembali pada tahun 2018 sebesar 48 Milyar.


"Alhamdulillah, saat ini pekerjaan asrama haji telah dimulai, tukang sudah bekerja. Kita ucapkan terima kasih kepada stakeholders dan masyarakat yang mendukung pembangunan," kata Bupati yang dikenal jago lobi ini. Untuk tahun 2019, tambahnya, akan diupayakan penambahan dana sebesar 97 Milyar. Hal ini sudah dibicarakan dengan Badan Perencanaan dan pembangunan Nasional (Bappenas) beberapa waktu lalu.


Ali Mukhni mengatakan, Asrama Haji seluas 10 hektar berada di Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai. Ia punya obsesi menjadi Asrama Haji Sumatera Barat menjadi yang termegah di Sumatera Barat. "Asrama haji ini nantinya akan digunakan oleh tiga propinsi yaitu Sumbar, Jambi dan Bengkulu. Insya allah menjadi yang termegah dan membanggakan ranah menang, " kata Bupati yang diminta masyarakat menjadi Gubernur Sumbar ke depan.


Kontribusi pemda Padang Pariaman terhadap pembangunan asrama haji yaitu pembangunan gerbang pintu masuk dan pembebasan lahan. Ali Mukhni mengaku sedang mendisain gerbang tersebut yang didominasi ciri khas minang. Selain itu pihaknya juga mengajukan dana 20 milyar untuk pembebasan akses jalan masuk asrama haji, MAN Insan Cendikia dan lainnya.


"Mohon doa seluruh ranah dan rantau untuk realisasi pembangunan asrama haji. Pembangunan ini juga nantinya akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi," ujar Peraih Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI itu. (bb)