Search

Berkurban Di Kampung Halaman, Yernita Dapat Dorongan Maju Pilkada 2024


Payakumbuh - Dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, bakal calon wali kota Payakumbuh Hj. Yernita, SH mengundang seluruh lapisan masyarakat untuk terus memperat silaturrahmi lewat makan basamo di Balai Adat Nagari Koto Panjang kecamatan Payakumbuh Lamposi Tigo Nagori (Latina), Rabu (19/6).


Menariknya, anak dari Pasukuan Tanjuang, Nagari Koto Panjang yang selama ini banyak berkiprah di dapil 1 Payakumbuh Barat itu, kali ini berkurban satu ekor sapi di kampung halamannya, Kecamatan Latina.


“Dalam momen makan basamo ini, semoga seluruh lapisan masyarakat saling mengenali antar sesama. Dan lebih dari itu memperkuat keakraban anak nagori Latina. Insyallah jika niat untuk membangun Payakumbuh dikabulkan Allah, prioritas yang kita utamakan nantinya melanjutkan kembali pembangunan balai adat nagori Koto Panjang, pembangunan mesjid Al-Ihsan, mesjid Al-Mutaqim, dan lainnya khusus di Latina,” singkatnya.


Tak heran, memang selama ini adik kandung dari Irwandi. Dt. Munsahid itu, Yernita sudah banyak menjalankan kegiatan sosial maupun saat duduk di DPRD kota Payakumbuh.  


Sementara itu tokoh masyarakat Koto Panjang, Dt. Gindo Malano Nan Putiah, mengungkapkan insyallah dirinya bersama tokoh masyarakat di Latina siap mengantarkan bundo kanduang Yernita sampai ke tahapan pilkada berikutnya.


“Karena kami di Latina juga berkeinginan agar keseriusan anak kemanakan kami ini dikabulkan oleh Allah SWT untuk ikut bertarung pada pemilihan Wali Kota Payakumbuh nantinya,” ulasnya.


Hal senada juga diutarakan Rang Tuo Nagari Koto Panjang Ongku Luma yang menuturkan sejak bumi terkembang belum ada calon wali kota Payakumbuh dari Nagari Koto Panjang, namun kali ini ada peluang untuk mengusung putra/putri terbaik nagari ke kursi eksekutif. Apalagi Yernita merupakan kader Gerindra dan Ketua Umum Partainya saat ini bakal menjadi Presiden Republik Indonesia.


"Kita merasa bersyukur adanya bundo kanduang Koto Panjang yang berniat maju sebagai calon walikota Payakumbuh periode 2024-2029. Mudah-mudahan harapan kita bersama dikabulkan oleh Allah SWT,” harapnya didepan puluhan niniak mamak Nagari Koto Panjang. 


Ditambahkan salah seorang pemuda nagari Koto Panjang, sekaligus Pemuda Pelopor asal kecamatan Latina, Fadhilul Qosasi yang nenyampaikan apresiasi kepada Yernita dan pasti akan mensupportnya dalam pencalonan Wali Kota Payakumbuh. 


“Beliau adalah politisi yang energik yang berasal dari Latina. Kami anak nagori menginginkan pemimpin yang energik, muda dan cerdas seperti bundo kanduang Yernita. Tentu kita (anak nagori) siap mensupport penuh niat Yernita membangun kota Payakumbuh, khususnya nagari Latina,” pungkasnya. (FS)