-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Sejarah Singkat Nama Dr Adnan WD Melekat Di RSUD Payakumbuh

Payakumbuh,- Ketika mendengar nama Dr Adnan WD warga Luak Limopuluah (Payakumbuh & Limapuluh Kota) pasti langsung ingat sebuah rumah sakit yang ada di Jalan Ade Irma Suryani Payakumbuh. 

Rumah sakit yang menurut catatan sejarah sudah ada sejak tahun 1923 di Kota Payakumbuh ini. Dari catatan sejarah yang ada di Kota Payakumbuh, nama Dr Adnan WD ini tercatat pernah jadi pemimpin Rumah Sakit tersebut dari tahun 1942 sampai 1950. 

Dr Adnan WD bukanlah asli putra Luak Limopuluah atau Minangkabau masa itu. Dokter ini berasal dari palembang Sumatera Selatan. Namun sejak masa penjajahan Jepang sampai masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan negara ini beliau eksis membantu masyarakat Luak Limopuluah dalam bidang kesehatan 

Bahkan Dr Adnan WD menjabat sebagai pelaksana harian Bupati Limapuluh Kota Sejak 8 Oktober 1945 sampai 23 januari 1946. 

Dimasa perjuangan kemerdekaan saat agresi militer Belanda ke 2, Dokter Adnan WD ini menjabat wakil komandan Pemerintahan Darurat di Kota Payakumbuh dengan Komandan Mardisun. Menurut Mardisun, Dipilihnya Dr Adnan WD sebagai Wakil Kepala pemerintahaan Darurat Kota Payakumbuh karena Dokter ini pernah menjadi Pelaksana Harian Bupati Limapuluh Kota. Bahkan lebih dikenal sebagai Bupati pertama daripada Syahfiri St pangeran yang masa itu ditunjuk sebagai Bupati Limapuluh Kota pertama. 

Dalam catatan Pemuda Pejuang Nagari Koto Nan Gadang yang ditulis langsung oleh Alm Mardisun Komandan Pasukan Gerilya dan juga Kepala pemerintahan Darurat Kota Payakumbuh banyak diceritakan peran Dokter Adnan WD ini dalam membantu para pejuang. Baik dari bidang medis maupun bidang informasi tentang tentara Belanda. Karena Dr Adnan WD pada masa itu berdomisili di daerah pendudukan Belanda. 

Namanya kemudian diabadikan sebagai nama Rumah sakit Umum yang ada di Payakumbuh. Tahun 1993 Rumah sakit yang ada di Payakumbuh ini resmi bernama RSUD Adnan WD. 

Nama Dr Adnan WD diabadikan di Rumah Sakit tersebut berkat usulan dari rekan rekan pejuangnya dimasa Agresi Militer Belanda ke 2. Dari tahun 1984 kita sudah bersurat kepada DPRD dan Walikota Payakumbuh untuk memberi nama Rumah Sakit ini dengan nama Rumah Sakit Dr Adnan WD. Tentu hal ini untuk mengenang jasa seorang Adnan WD di Payakumbuh. Beliau Bupati pertama Limapuluh Kota dan peran aktifnya dalam Pemerintahan Darurat Kota Payakumbuh baik dalam bentuk moril maupun materil. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar