-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Manfaat Mendaki Gunung


 Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

Setiap orang mempunyai kebiasaan atau hobbi yang berbeda. Mulai yang terlihat santai sampai yang terbilang ektrem mengngerikan.  Misal saja seperti mendengarkan music baik diwaktu luang, sambil bekerja, ataupun sambil beaktivitas lainnya. Pastinya hobby tersebut dilakukan sesuai dengan keinginan diri. Setiap hobby yang dilakukan memberikan rasa kepuasan bagi yang melakukannnya. Namun, ada juga hobby yang justru harus ada persiapan matang, keahlian khusus ataupun butuh pendamping untuk melakukannya. Sebut saja, paralayang, terjun payung, panjat tebing ataupun hobby sejenis lainnya.

Mendaki gunung ataupun dikenal juga Hiking merupakan salah satu hobby yang banyak disukai oleh orang. Hobby ini harus membutuhkan stamina yang kuat untuk bisa sampai menikmati keindahan yang ditawarkan oleh sebuah gunung tujuan. Banyak gunung yang terdapat di Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang wajib ditaklukan oleh para petualang, mulai dari ketinggian yang sedang hingga ketinggian ribuan mdpl, baik yang sudah tidak aktif lagi ataupun yang masih terbilang aktif bahkan sempat memakan korban jiwa.

Memang, mendaki gunung terkadang dinilai suatu kegiatan yang dianggap tidak berfaedah, capek, buang tenaga bahkan membahayakan jiwa. Namun dibalik itu, bagi jiwa-jiwa pencari keindahan dipuncak tertinggi akan dapat melihat keagungan Tuhan yang dihamparkan diatas bumi. Ada rasa takjub dengan ciptaan Tuhan dan meningkatkan rasa Syukur yang teramat dalam. Meskipun begitu, baik positif dan negatifnya. Mendaki gunung tentunya suatu aktivitas yang memang membutuhkan fisik yang kuat untuk melakukannya. Jadi jangan coba-coba melakaukannya jika dalam keadaan yang tidak sehat, malah sangat membahayakan bagi yang melakukannya.

Ada beberapa manfaat mendaki gunung yang dapat kita peroleh apabila dilakukan sesuai dengan keadaan yang prima, diantaranya;

1.      Meningkatkan Kesehatan jantung dan paru-paru

Mendaki gunung tentunya pasti menempuh medan yang tidak dapat diprediksi. Jalanan yang berbatu-batu, tanah yang berlumpur, melewati Sungai, akar pohon besar, Semak belukar, jalanan licin dan kondisi lainnya sesuai dengan gunung mana yang didaki. Untuk sampai kepuncak pastinya kita harus berjalan kaki ribuan meter hingga sampai kepuncak. Aktivitas ini akan mendorong pasokan oksigen dan sirkulasi darah dalam tubuh akan meningkat. Selain itu, udara segar dan bebas polusi di sekitar pegunungan juga memberikan dampak positif pada tubuh

2.      Menguatkan otot kaki

agi yang sering mendaki gunung, pastinya sudah sangat akrab dengan beragam jenis medan dalam perjalanan menuju puncak. Rute yang penuh dengan jalan berkerikil, bebatuan, dan tanah, sebenarnya memberikan manfaat pada perkembangan otot kaki. Kondisi-kondisi tersebut membantu menguatkan otot-otot kaki serta membentuknya dengan lebih baik.

3.      Meningkatakan stamina dan daya tahan tubuh

Kondisi perjalanan yang dilakukan selama pendakian seperti hujan, panas, dingin, berkabut akan mendorong tubuh untuk meningkatkan daya tahannya terhadap kondisi lingkungan yang terkadang berubah secara cepat. Adanya aktivitas mendaki ini akan melatih hal tersebut hingga tubuh menjadi terbiasa.

4.      Memperbaiki suasana hati

Notabenenya gunung memang memberikan suasana yang begitu damai, berada diatas ketinggian sambil memandang hamparan bumi, berdekapan dengan awan akan memberikan suasana yang begitu tentram. Banyak anak muda yang bermasalah dnegan hati merelaksasikan dengan cara mendaki, melahirkan puisi-puisi yang begitu indah dan astetik

5.      Memberikan pengalaman baru

Setiap gunung tentunya akan berbeda karakterisktiknya, keindahan yang akan ditemui, rute perjalanan yang dilalalui. Kondisi ini akan memberikan pengalaman berharga bagi seseorang yang baru berkunjung kesana.

6.      Relaksasi dan hiburan

Sebagai hobby yang dilakukan dengan hati senang, tentunya mendaki menjadi kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki mood dengan segala penat pekerjaan yang telah dilakukan. Mendaki menjadi pilihan yang tepat sebagai hiburan yang menyehatkan.

 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar