Search

Posisi Pendaki Yang Belum Terevakuasi Sudah di Kantongi Tim SAR

Padang,- Pencarian dan evakuasi korban erupsi marapi terus dilakukan tim gabungan. Puluhan Pendaki terjebak saat gunung berapi yang berada di Kabupaten Agam dan Tanah Datar ini erupsi pada Minggu 3/12/23 kemaren. 

Tim gabungan sudah menemukan semua pendaki yang jadi korban erupsi Gunung Marapi Sumatera Barat, Selasa (5/12/2023).

Tim gabungan juga sudah mengantongi posisi semua korban dan akan segera mengevakuasinya.

Sebelumnya, sebanyak 75 orang pendaki tercatat berada di atas Gunung Marapi saat erupsi terjadi pada hari Minggu kemaren.

Dari jumlah itu, hingga Senin kemarin, tim gabungan telah berhasil mengvakuasi 57 pendaki.

Sementara sisanya, enam orang belum dievakuasi dan 12 lainnya masih dalam proses pencarian.

Dikutip dari Tribunpadang.com, Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik mengatakan, semua korban ditemukan setelah pihaknya melakukan penyisiran dari dua arah hingga pagi tadi.

"Jadi 12 orang yang belum ditemukan sebelumnya, sudah dikantongi posisinya. Tinggal dipastikan lagi sebelum dilakukan evakuasi," ujarnya, Selasa (5/12/2023).

Soal kondisi pendaki itu, Abdul belum menyampaikannya dengan rinci. Pihaknya akan memastikan lagi.

Sementara, enam pendaki yang belum dievakuasi itu sebelumnya telah dikonfirmasi meninggal dunia.

Dari data tersebut Abdul Malik menyebut tidak ada pendaki yang tidak terdaftar di situs BKSDA yang ditemukan dalam proses evakuasi dan pencarian.

Untuk diketahui, erupsi yang terjadi pada pukul 14.54 WIB itu melontarkan abu vulkanik setinggi 3.000 meter dari atas puncak.

Semoga evakuasi berjalan lancar dan aman serta 12 pendaki yang sudah ditemukan titik posisinya dalam kondisi selamat.. aamiin