-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Tokoh Muda Situjuah Ini Luncurkan Buku Lida Ajer Dari Tungkar Untuk Dunia

Limapuluh Kota,- Anggota Balai Wartawan Luak Limopuluah, M. Fajar Rillah Vesky kembali meluncurkan karya nyatanya untuk negeri ini. Kali ini, pemegang sertifikat wartawan utama dari Dewan Pers itu, meluncurkan buku berjudul "Lida Ajer Dari Tungkar Untuk Dunia". 

Dalam keterangan persnya, Minggu sore (5/11),  M. Fajar Rillah Vesky mengatakan,  buku "Lida Ajer Dari Tungkar Untuk Dunia", merupakan kumpulan karya jurnalistiknya tentang Gua Lida Ajer. Menurut Fajar, gua yang berada di Nagari Tungkar, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota ini, merupakan warisan berharga bagi dunia ilmu pengetahuan.

"Gua Lida Ajer adalah warisan berharga bagi dunia ilmu pengetahuan. Karena di gua ini tidak hanya ditemukan fosil gigi manusia purba yang diyakini manusia modern tertua di Asia Tenggara. Tapi juga ditemukan ratusan lukisan purba bermotif manusia, termasuk bermotif menyerupakai gerakan dasar silek (silat Minangkabau)," kata M. Fajar Rillah Vesky.

Fajar  menjelaskan, dalam buku "Lida Ajer Dari Tungkar untuk Dunia", dia melaporkan berbagai hasil penelitian ilmuwan dunia dan peneliti Indonesia, tentang Gua Lida Ajer. Sebagian besar tulisan dalam buku ini pernah pula ditulis Fajar melalui surat kabar Padang Ekspres dan pernah meraih piagam penghargaan dari Dewan Pers sebagai Nominasi Karya Kurnalistik Cetak Terbaik Anugerah Dewan Pers 2022. 

"Buku Lida Ajer Dari Tungkar Untuk Dunia ini, merupakan kumpulan karya kami di Padang Ekspres. Dalam buku ini, kami menyampaikan betapa pentingnya pemerintah menetapkan Gua Lida Ajer sebagai cagar budaya, sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2022 tentang Register Nasional dan Pelestarian Cagar Budaya," kata M. Fajar Rillah Vesky. 

Sekadar diketahui, buku berjudul "Lida Ajer dari Tungkar untuk Dunia" karya M. Fajar Rillah Vesky ini, diterbitkan oleh penerbit Visigraf Padang pimpinan sastrawan Yusrizal KW, bekerja sama dengan surat kabar Padang Ekspres, tempat Fajar bekerja sejak 2006 silam. Proses penerbitan buku ini, seperti dibenarkan Yusrizal KW, sudah dimulai sejak Agustus 2023.

Sedangkan peluncuran buku  "Lida Ajer Dari Tungkar Untuk Dunia"  ini dilakukan oleh Direktur Utama Padang Ekspres M. Nazir Fahmi dan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, akhir Oktober 2023. Sebelumnya atau pada Agustus 2023, cover buku ini, sudah diluncurkan dalam perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Jirek, Nagari Tungkar, yang digelar Pemerintah Nagari Tungkar bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bung Hatta. (*)

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

Donny Magek Piliang

Donny Magek Piliang

Yopi Tersa

Yopi Tersa