-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Pentingnya Persamaan Persepsi Dalam Kerjasama Pendidikan Kesehatan



Oleh: Ira Mulya Sari, Ns., Sp.Kep.An.
(Dosen Keperawatan FKep Universitas Andalas)

Fakultas Keperawatan UNAND dan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang adalah dua entitas yang memiliki peran penting dalam memberikan layanan kesehatan berkualitas dan menghasilkan lulusan keperawatan yang kompeten. Salah satu komponen utama dalam kerja sama ini adalah Clinical Instructor (CI) atau pengajar klinik dan akademik yang memainkan peran vital dalam membentuk kompetensi mahasiswa keperawatan.

Sehubungan dengan turunnya mahasiswa praktik klinik lapangan program studi S1 Keperawatan untuk mata kuliah keperawatan anak dan keperawatan medikal bedah, serta program profesi ners dengan mata kuliah keperawatan anak Fakultas Keperawatan UNAND, kegiatan ini akan dimulai pada hari Senin, tanggal 30 Oktober 2023. Persamaan persepsi antara CI Klinik dan CI Akademik telah dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 27 Oktober 2023, di Ruang Conference/Komite Medis RSUD Rasidin Kota Padang.

Kegiatan ini dihadiri oleh team teaching dari Fakultas Keperawatan UNAND dan CI Klinik RSUD dr. Rasidin Padang, serta didampingi oleh ketua dan sekretaris tim Koordinasi Pendidikan (Kordik) RSUD dr. Rasidin Padang. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pembelajaran mahasiswa dengan menciptakan konsistensi dalam pengajaran, meningkatkan kualitas asuhan pasien di rumah sakit, dan menghindari konflik potensial antara kedua pihak. Dengan pemahaman yang seragam, mahasiswa dapat belajar lebih efektif, memberikan perawatan pasien yang lebih berkualitas, dan menciptakan kerja sama yang harmonis antara institusi pendidikan dan praktik klinis.

Metode persamaan persepsi melibatkan tiga langkah kunci, yaitu diskusi terbuka, rencana pembelajaran bersama, dan evaluasi berkala. Dalam diskusi terbuka, CI klinik dan akademik berkomunikasi secara rutin untuk mencapai pemahaman yang seragam. Rencana pembelajaran bersama mencakup kompetensi, metode pembelajaran, dan penilaian yang disepakati. Evaluasi berkala digunakan untuk memastikan tujuan pembelajaran tercapai dan mengatasi perbedaan persepsi. Langkah-langkah ini memastikan kerja sama yang efektif antara institusi akademik dan praktik klinis.

Persamaan persepsi antara pihak akademik dan rumah sakit dalam pendidikan keperawatan memiliki manfaat yang signifikan. Ini meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa, memastikan perawatan pasien yang lebih aman, dan menciptakan hubungan harmonis antara kedua pihak. Dengan demikian, kolaborasi ini mempersiapkan mahasiswa keperawatan dengan lebih baik, memberikan perawatan pasien yang berkualitas, dan mempromosikan kerja sama yang berkelanjutan.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

Donny Magek Piliang

Donny Magek Piliang

Yopi Tersa

Yopi Tersa