Search

Mengenal Lebih Dekat Dengan Rusianto Dt Pado

Limapuluh Kota,- Bagi masyarakat Situjuah mungkin nama Rusianto sudah tidak asing lagi. Apalagi semenjak menyandang gelar Dt Pado di pasukuan Piliang nagari Situjuah Batua. 

Rusianto Dt Pado sehari hari juga menggeluti bisnis jual beli motor bekas dan pernah terjun ke dunia kuliner di Kota Payakumbuh. Disamping itu juga ikut dalam bisnis beras dalam dan luar daerah meneruskan usaha turun temurun keluarga. 

Saat ini Dt Pado ini juga dipercaya mengelola biro perjalanan haji dan Umroh AET Travel cabang Situjuah Limo Nagari. 

Dalam dunia politik Rusianto Dt Pado mulai eksis sejak 2019 lalu. Di Situjuah Alumni SMAN 1 Payakumbuh ini jadi komando tim pemenangan calon presiden Prabowo Sandi. Rusianto membentuk tim yang diberi nama SIPASAN (Simpatisan Prabowo Sandi). Tim ini bergerak untuk pemenangan capres Prabowo-Sandi di kecamatan Situjuah Limo Nagari pada masa itu. 

Pada pilkada serentak 2020 Rusianto Dt Pado kembali ditunjuk untuk tim pemenangan Calon Gubernur Buya Mahyeldi-Audy dan Calon Bupati Syafaruddin Dt Bandaro Rajo- Rizki Kurniawan Nakasri (SAFARI). 

Pasca pilkada serentak, Rusianto sempat jadi THL yang diperbantukan untuk Wakil Bupati Limapuluh Kota. 

Tahun 2023 Rusianto Dt Pado mundur dari THL dan bergabung dengan partai yang berslogan Restorasi besutan Surya Paloh. 


Tidak hanya bergabung sebagai kader di Partai Nasdem, Rusianto Dt Pado Juga maju sebagai bakal calon anggota legislatif di daerah pemilihan Limapuluh Kota 3 (Situjuah Limo Nagari, Luak dan Lareh Sago Halaban). 

Untuk pileg 2024 mendatang Rusianto Dt Pado dapat nomor urut 5 sama dengan nomor urut partai Nasdem.