Search

Buatkan Profil Nagari, Mahasiswa Unand Dapat Apresiasi Dari Wali Nagari Lubuk Alung

Padang Pariaman,- Mahasiswa KKN UNAND Nagari Lubuk Alung berhasil membuat profil Nagari Lubuk Alung dalam bentuk buku dan website, sekaligus video profil dan video wisata Nagari Lubuk Alung. Hal ini diapresiasi tinggi oleh Wali Nagari Lubuk Alung, Hilman H. S.H beserta jajaran staff Nagari. Tepat sebelum hari kepulangan KKN, pada Senin, 21 Agustus 2023, mahasiswa KKN UNAND mempresentasikan dan menampilkan hasil program kerja berupa profil nagari berbasis buku dan website, serta video profil nagari dan video wisata Nagari Lubuk Alung, yakni mengenai Air Terjun Babang Indah di Kantor Wali Nagari Lubuk Alung.

Adapun selama ini, Nagari Lubuk Alung memang belum memiliki profil Nagari berbasis buku dan video, ataupun video profil wisata, yang masih terbilang baru akan dibuka. Sedangkan untuk website Nagari telah ada, namun belum ada pembaruan. Maka dari itu, saat acara penutupan KKN dan penyampaian hasil proker di Kantor Wali Nagari, yang dihadiri oleh perwakilan kecamatan Padang Pariaman, dan Wali Nagari yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Nagari Lubuk Alung karena berhalangan hadir pun menyampaikan rasa bangga dan apresiasi tinggi untuk mahasiswa KKN UNAND Nagari Lubuk Alung Tahun 2023. Bahkan, Kepala Seksi Pelayanan Wali Nagari, Yardi mengungkapkan bahwa mahasiswa KKN UNAND terbilang yang pertama berhasil membuatkan profil lengkap Nagari Lubuk Alung.

"Saya sangat terharu dan mengapresiasi tinggi adik-adik mahasiswa KKN UNAND 2023 ini, yang sangat berbeda dengan mahasiswa KKN sebelumnya atau yang biasa di Nagari Lubuk Alung selama ini. Baru mahasiswa KKK ini lah yang berhasil membuatkan profil Nagari secara lengkap, mulai dari buku, website hingga video profil Nagari dan Profil wisata," ungkap Yardi, Senin (21/8/2023).

Kelompok KKN UNAND di Nagari Lubuk Alung yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Drs. Yoserizal, M. Si, ini hanya dalam waktu 40 hari berhasil membuat sekaligus 4 produk nagari yang dapat bermanfaat dan berguna baik untuk masyarakat atau pun warga non-lokal agar dapat lebih mengetahui Nagari Lubuk Alung. Ketua kelompok KKN UNAND Nagari Lubuk Alung, Vedro Satria Wardana, menuturkan bahwa tidak lah mudah untuk membuat keempat produk yakni profil nagari berbasis buku, website, video profil nagari hingga video wisata Nagari Lubuk Alung.

"Untuk berhasil membuat profil nagari Lubuk Alung berbasis buku, website, video profil nagari serta video wisata nagari tidaklah mudah. Dari awal KKN, kami langsung menjadikan ini proker utama. Selama 40 hari, di sela-sela mengerjakan kegiatan pengabdian masyarakat, kami berusaha keras mengumpulkan data profil nagari secara lengkap dari berbagai bidang, dan juga menyempatkan untuk pergi ke air terjun Babang Indah dengan jarak tempuh yang cukup sulit dan jauh, guna pengambilan video profil wisata, namun nyatanya itu semua tidak sia-sia," jelas Vedro saat diwawancarai, Selasa (22/8/2023).

Adapun kini profil nagari berbasis buku, website, video profil nagari hingga video wisata Nagari Lubuk Alung telah diserahkan ke pihak Wali Nagari, dan akan segera dipublikasikan seperti diunggah di YouTube dan website Nagari Lubuk Alung, hingga dapat dibaca dan ditonton oleh masyarakat Nagari Lubuk Alung ataupun masyarakat luar, terlebih untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Nagari Lubuk Alung. Yardi, Kepala Seksi Pelayanan Nagari Lubuk Alung, pun berharap semoga kelompok KKN UNAND Nagari Lubuk Alung 2023 dapat menjadi contoh bagi mahasiswa KKN selanjutnya, dimana tidak hanya sekedar membantu masyarakat namun juga dapat meninggalkan jejak.

Penulis : Souty Syahrani  Mahasiswa Sastra Inggris UNAND & Drs. Yoserizal, M. Si, (Dosen Pembimbing)


ket foto: Mahasiswa KKN UNAND Nagari Lubuk Alung beserta DPL, perangkat Nagari dan perwakilan Kecamatan Padang Pariaman melakukan sesi foto bersama di acara penutupan dan penyampaian hasil proker KKN, di Kantor Wali Nagari Lubuk Alung, Senin (21/8/2023)