Search

Siswa MIT Al Falah Tanjung Pati Lolos ke Grand Final Ajang Madrasah Fest 2023 Nasional


Limapuluh Kota - Seorang siswa MI Terpadu Al Falah Tanjung Pati, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, bernama Muhammad Faturrahman, dipastikan lolos ke babak grand final dalam ajang Madrasah Fest 2023, yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama RI.   

Hasil tersebut diketahui berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI bernomor: B-3244/DJ.I/Dt.I.I/HM.00/07/2023 tanggal 28 Juli 2023 kemarin. Muhammad Faturahman didapuk sebagai salah satu peserta grand finalis tingkat nasional mewakili Provinsi Sumatera Barat. 

Kepala sekolah MI Terpadu Al Falah, Nofia Sherly, ketika dikonfirmasi mengatakan, Faturrahman yang merupakan anak ketiga dari pasangan Ismet A dan Okta Yona Putri ini, ditetapkan sebagai juara pada Cabang Lomba Memorizing Hadits Contest (MHC) Tingkat MI Provinsi Sumatra Barat beberapa waktu lalu. 

"Hasilnya, siswa kita Muhammad Faturrahman, keluar sebagai juara dan berhak masuk ke babak grand final mewakili Sumatra Barat bersama peserta dari 10 perwakilan provinsi lainnya," sebut Nofia Sherly. 

Peserta didik MI Terpadu Al Falah Tanjung Pati ini nantinya akan bertolak ke Banten mewakili Sumatra Barat dalam ajang Madrasah Fest 2023. Babak grand final, dikatakan, akan diselenggarakan secara tatap muka (offline) pada tanggal 10 -12 Agustus 2023 bertempat di Hotel Atria Gading Serpong, Provinsi Banten. 

Menurut Sherly, Faturrahman adalah salah satu peserta didik MIT Al Falah yang tekun belajar. Putra pasangan Ismet A dan Okta Yona Putri itu, katanya, juga dikenal aktif dalam belajar dan memilki disipilin yang kuat. Anak ke tiga dari empat bersaudara ini juga dikenal sangat ceria.

Faturrahman tercatat merupakan peserta didik sulung di MI Terpadu Al Falah. Madrasah tersebut baru tiga tahun berdiri, artinya sekarang Faturrahman duduk di kelas tiga. Selain aktif dan disipilin dalam belajar, Faturrahman juga dikenal sebagai peserta didik yang berprestasi di madrasah. Peringkat I berhasil ia raih ketika duduk di kelas satu. 

"Dia juga pernah peringkat II dan I pada semester 1 dan 2 di kelas dua. Selain prestasi kelas, ia juga pernah menjadi juara I lomba Salat Subuh, Azan dan Iqamah pada MTQ Mushalla Istiqamah tahun 2021, serta Juara I lomba cerdas cermat antar santri," jelasnya. 

Sherly mengungkapkan, semenjak berdiri tahun 2021 lalu, MI Terpadu Al Falah Tanjung Pati kini sudah memiliki peserta didik sebanyak 88 siswa. Dengan program unggulan tahfizul Quran dan hadits, MI Terpadu Al Falah mampu mengantarkan Faturrahman sukses masuk ke babak grand final tingkat nasional.

Selain Tahfizul Quran dan Hadits, madrasah Al Falah juga memiliki Program unggulan di bidang Sains dan Agro Teknologi, dimana peserta didik digembleng untuk memiliki pengetahuan tentang bercocok tanam. 

"Terkait persiapan Faturrahman, kita setiap hari membimbing Faturrahman menghafal hadits yang dibimbing guru Alquran Hadits, Aulia Fitri, dan mendatangkan Penyuluh Agama Islam, Nur Akmal. Kita berharap Faturrahamn bisa lolos di babak grand final ini serta sukses menjadi juara I tingkat nasional," harap Sherly.

Untuk MHC tersebut, peserta tingkat MI akan menghafal sebanyak 20 hadits, lengkap dengan sanad, matan, dan perawinya. Sherly berharap do'a dan dukungan semua pihak, semoga Faturrahman mampu meraih yang terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten Lima Puluh Kota dan Provinsi Sumatra Barat, di ajang Madrasah Fest 2023 tingkat nasional.