Search

Belacan datoek, Penyedap Makanan Dari Sumatera Utara

 


SalingkaLuak.com,- Harum sedap belacan selalu diandalkan untuk membuat sambal atau sebagai bumbu tambahan pada masakan. Orang banyak mengenal belacan di beberapa daerah, padahal penghasil belacan enak di Indonesia salah satunya ada di daerah Sumatera utara Belacan Datoek lebih populer saat ini untuk bumbu masakan.

Belacan Datoek merupakan salah satu bumbu masak yang dibuat dari fermentasi udang dan merupakan salah satu bumbu asli Indonesia. Harum khas dengan rasa gurih mantap membuat Belacan Datoek atau terasi banyak diburu, terutama sebagai campuran sambal, dan untuk uelekan sambal Ayam Penyet.

Pada dasarnya Belacan Datoek hampir sama dengan terasi, produk khas Kota Tanjung Balai yang berada di Pulau Sumatera Utara ada sejak 150 tahun yang lalu, hanya saja populer saat ini. Masa Sultan Muhammad Husain Rahmad Shah II (memerintah 1888-1915) Kerajaan Tanjung Balai saat itu belum ada penyebutan sebuah nama untuk bumbu masakan lainnya yang ada di Tanjung balai Sumatera Utara. Populernya nama Belacan Datoek saat ini untuk bumbu masakan khas Tanjung Balai di karenakan era digital media sosial saat di konfirmasi melalui akun medsosnya @belacandatoek di Instagram. atau bisa di wa  0813-7573-2988

Yang membedakannya dari produk terasi atau belacan dari daerah lain umumnya adalah jenis bahan yang digunakan dan variasi dalam tehnik pengolahannnya. Belacan Datoek diolah langsung dari udang rebon segar hasil tangkapan nelayan setempat. Hal ini membuat Belacan Datoek memiliki cita rasa yang khas dibanding belacan atau terasi dari daerah lain. Olahan fermentasi hasil laut yang memiliki aroma dan cita rasa unik ini merupakan produk industri rumahan oleh kelompok masyarakat tanjung balai, cita rasa dari Belacan Datoek telah identik di daerah Tanjung Balai Sumatera Utara.

Tidak lengkap cita rasa masakan bila Belacan Datoek tidak ada di campuran bumbu masakan bahkan kebanyakan masyarakat di jadikan oleh oleh perjalanan dari Sumatera Utara yang saat ini sudah hadir di Kota Medan untuk pengembangan usaha bumbu masakan Belacan Datoek.