-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Bukit Pao Ruso Destinasi Wisata Baru Limapuluh Kota

 


Limapuluh Kota,- Luak Limopuluah surganya wisata baik itu wisata budaya,sejarah maupun wisata alam. Banyak spot wisata alam dimiliki daerah ini terutama kabupaten Limapuluh Kota. Seperti Nagari Maek di utaranya Kabupaten Limapuluh Kota yang memiliki ragam pesona alam dan budaya dan sejarah. 

Selain memiliki bukti sejarah purbakala berupa menhir, juga bukit tembus yang konon satu satunya di Indonesia seakan menjadi gapura alam negeri ini. 


Baru baru ini masyarakat jorong Koto Godang Nagari Maek kecamatan Bukik Barisan membuka lokasi wisata baru di puncak pukit. 

Bukit Pao Ruso (Paha rusa) yang merupakan salah satu bukit di legenda bukit posuak (bukit tembus) yang ada di Nagari Maek dipuncaknya menyuguhkan pemandangan nan indah. Hamparan lembah nan subur ini bisa dilihat dari puncak bukit tersebut. 

Puncak Bukit yang datar cocok untuk lokasi perkemahan (camping) dan take of paralayang salah satu olah raga dirgantara. 

Lukasi yang baru dibuka warga secara gotong royong ini mulai ramai dikunjungi masyarakat terutama dihari libur. Selain camping juga warga datang untuk menyaksikan awan pagi menyelimuti lembah Seribu menhir ini. 

Kita seakan berada dinegeri atas awan saat melihat hamparan awan menyelimuti Nagari Maek, ungkap para pengunjung. Biasanya awan seperti ini bisa disaksikan pagi hari. Kalau cuaca mendukung bisa dinikmati sampai jam 09.00 wib pagi. 

Dari awal dibuka sekitar pertengahan Agustus kemaren tepatnya di detik detik HUT RI setiap hari puncak bukit Pao Ruso selalu dikunjung masyarakat yang datang dari berbagai sudut Limapuluh kota. Bahkan Sabtu Malam minggu rutin ada yang camping dipuncak bukit ini untuk menunggu awan pagi dan menikmati udara segar lembah bukit Barisan. 

Wendi Chandra Dt Marajo politisi Demokrat yang Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota beberapa waktu lalu pernah ikut bersama warga berkemah dipuncak bukit ini sambil berhibur malam dengan kesenian tradisional rabab minang. 

Dalam bincang bincang dengan admin Salingkaluak.com beberapa waktu lalu, W. Dt Marajo ini berharap kedepan nagari ini bisa jadi salah satu tujuan wisata baru. Baik wisata sejarah maupun wisata alam. Puncak bukit ini layak dikembangkan jadi lokasi camping dengan suguhan keindahan alam dan hiburan tradisional daerah kita, cerita Dt Wendi yang merupakan wakil rakyat dapil Suliki, Gunuang Omeh dan Bukit Barisan ini. 

Dalam minggu ini sudah dua kali atlit parayalang Limapuluh Kota uji terbang dari puncak bukit Pao Ruso ini. Pada Kamis 29/10 kemaren Tim Paralayang yang bermarkas di Taeh Bukit datang didampingi pelatih kawakan mereka Pak Dodo Kurdi untuk uji terbang di puncak bukit tersebut. 


Kedatang mereka untuk unjuk kebolehan cukup menghibur warga setempat yang awalnya tidak mengetahui akan ada atraksi paralayang di puncak Bukit Pao Ruso ini. Kedatangan tim paralayang Limapuluh Kota ini juga didampingi Khairul Apit Anggota DPRD Limapuluh Kota dari Fraksi Gerindra.

Kita sebagai wakil rakyat siap mendukung untuk pengembangan lokasi wisata baru ini, ujar Khairul Apit pada siang Kamis tersebut. Dengan jalur legislatif kita siap ajukan pengembangan lokasi ini dengan dana APBD dan juga kita siap support dengan dana pribadi imbuh Khairul Apit. Terutama untuk menjadikan puncak bukit Pao Ruso sebagai salah satu destinasi wisata dirgantara baru di Limapuluh Kota ini. kata Politisi Gerindra tersebut. 

Dengan adanya support pengembangan wisata nagari Maek dari duo Anggota DPRD Limapuluh Kota ini Gosri Efendi salah seorang tokoh masyarakat setempat didampingi Bu Gema salah seorang pemilik tanah bukit Pao Ruso berharap dapat dukungan dari Pemkab Limapuluh Kota dari Instansi terkait untuk lebih dikembangkan jadi Nagari Tujuan Wisata. 



Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

Mitra