-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Kantong semar, Nepenthes sp (dalam bahasa Inggris disebut Tropical pitcher plant) adalah Genus tanaman yang termasuk dalam famili monotipik.

Tumbuhan ini memiliki daun yang menyerupai kantong dengan bentuk yang unik. Kantong ini merupakan perangkap dengan lapisan lilin yang menyulitkan hewan kecil ketika masuk dan terperangkap di dalamnya.

Baca Juga: Bupati Padang Pariaman Terkonfirmasi Positif Covid-19

Bentuknya yang unik dan menyerupai perut yang buncit menjadikan daun tumbuhan seperti tokoh wayang bernama Semar sehingga disebut dengan Kantong Semar.

Kantong semar ada yang hidup di tempat lembab dan sedikit sinar matahari dan adapula yang hidup di tempat yang terbuka dengan cahaya matahari yang banyak.

Sedikitnya 103 spesies ini telah ditemukan tumbuhan unik termasuk kelompok karnivora yaitu tumbuhan pemakan daging seperti serangga dan hewan-hewan kecil.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Indonesia Dijurang Krisis Ekonomi

Di Indonesia setidaknya terdapat 85 jenis kantong semar, 58 jenis masuk dalam daftar tumbuhan dilindungi sejak tahun 2018. Habitat terbanyak berada di Kalimantan dan Sumatera. Menurut data IUCN Red List, sedikitnya 27 spesies terancam punah, bahkan 4 diantaranya merupakan spesies dengan status Critically Endengered.(bksda agam)
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar