-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Sekilas Akan Suku Mentawai


Kabupaten Mentawai, Ketika orang berbicara akan Mentawai, ingatan kita akan melayang ke hamparan pulau pulau di pesisir barat Sumatera. Yang mana secara administratif masuk wilayah sumatera Barat dan sudah jadi kabupaten Sendiri. Dahulu masuk kabupaten Padang pariaman.

Suku Mentawai adalah nama salah satu suku yang menetap di Kepulauan Mentawai, Pulau Siberut, Sumatera Barat. Masyarakat Suku Mentawai terkenal masih tergantung penuh pada alam dan hidup jauh dari peradaban modern.

Baca Juga: Zainal Dilaporkan Warga Hilang Saat Cari Lokan Di Batang Masang

Suku ini dikenal sebagai peramu yang handal. Tradisi yang khas adalah penggunaan Tato disekujur tubuh yang terkait dengan peran dan status sosial penggunanya, selain itu beberapa tradisi dan ritual yang masih dilakukan oleh masyarakat suku Mentawai bisa terbilang unik dan memiliki nilai filosofi hidup yang tinggi, salah satunya adalah tradisi Sikerei.

Sikerei adalah orang yang dipercayai memiliki kekuatan spiritual yang tinggi dan kedekatan dengan roh leluhur untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Proses penyembuhan orang sakit biasanya dilakukan oleh sang Sikerei dengan memberikan ramuan obat dan dilanjutkan dengan tarian khusus atau disebut dengan Turuk, tarian ini dipercaya tarian sebagai pemanggilah arwah leluhur.

Seorang Sikerei memiliki perilaku yang sangat baik dalam kehidupan, disamping itu sebagai mediator yang bertugas menjaga kelancaran arus komunikasi antara penduduk suku dengan alam para arwah leluhur.

Sumber Narasi dan Foto Uluikunz (paulus Galet)
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar