-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Prof. Sutan Muhammad Zain Sang Guru Bangsa Bapak Bahasa


Ndak ada gai tu doh Begitu sering kita berseloroh kalau ada kawan berbicara bahasa Indonesia dengan langgam Minang yang masih kental.

Ternyata yang menyusun grammar bahasa Indonesia adalah Bapak Prof Sutan Muhammad Zain, kelahiran Sungai Pasak Padang Pariaman.

Baca Juga: Viral Di Jagat Maya, Nasrul Abit Datangi Pondok Para Pelajar Bisa Dapat Signal Internet

Tahun 1911, Prof. Sutan Muhammad Zain telah menjadi guru Bahasa Melayu di Prince Hendrik School, Batavia. Pada tahun 1923, Zain mendapat beasiswa untuk belajar di Rijks Universiteit Leiden Belanda, sampai akhirnya menjadi pribumi Indonesia pertama yang memiliki ijazah tertinggi dalam penguasaan Bahasa Melayu serta diakui di kalangan ilmiah.

Pada zaman Jepang, untuk pertama kalinya Zain menyusun gramatika Bahasa Melayu, yang menjadi pendahulu dan dasar-dasar gramatika Bahasa Indonesia. Dalam bukunya Djalan Bahasa Indonesia, untuk pertama kalinya dikenal apa yang kini disebut sebagai kata benda, kata kerja, kata sandang dan seterusnya.

Salah satu karya monumental lainnya adalah sebuah kamus yang cetakan pertamanya dilakukan pada tahun 1951 yaitu Kamus Modern Bahasa Indonesia, yang kemudian dikembangkan oleh Jusuf Sjarif Badudu menjadi Kamus Lengkap Badudu-Zain yang diterbitkan tahun 1992.

Bahasa Indonesia yang jadi Bahasa Persatuan di Republik ini telah menjadi bahasa sehari-hari, yang kadang pemakaiannya juga dikolaborasikan dengan bahasa ibu.

Baca Juga: Recovery Pariwisata Di Era New Normal

Terima kasih bapak Muhammad Zain, sang Guru Bangsa, dan juga Bapak Bahasa.

Akhirul khalam, Alfatihah.

Dari Pelbagai sumber oleh Andre Tanjung*
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar