Salingka News

random

Peta Jadul Kota Palu

Palu memang membuat kita pilu, tapi jangan sampai membuat kita berlarut-larut. Palu harus bangkit. Harus dapat belajar dari peristiwa ini, dan tidak dilupakan. Mempelajari masa lalu mungkin akan membantu kita mengerti mengapa bisa begini ?
Peta jadul, jaman dulu, akan sangat membantu mengerti seperti apa tataguna lahan di Palu jaman dulu.
Peta Palu tahun 1938. Kawasan ini didominasi persawahan diperkirakan tanahnya subur. Perhatikan adanya saluran air. Saluran irigasi Gumbasa, dibuat pada jaman Belanda.


Peta tahun 1938 yang dibuat oleh Kruyt ini menunjukkan bahwa kota Palu masih hanya di pinggir pantai saja. Hampir seluruh kota Palu yang sekarang adalah persawahan.  Ini jelas menunjukkan bahwa kota palu daerah yang subur dan banyak air.
Ada sebuah saluran air di sebelah Timur Petobo, sampai ke Sigi, saluran ini disebut  "Saluran Irigasi Gumbasa". Saluran ini mirip saluran Mataram yang melintasi Jogja, yang menghubungkan Sungai Progo dan Sungai Opak. Sebagai sebuah saluran irigasi, pengairan sawah.
Ujung Saluran Irigasi Gumbasa di Petobo 

Untuk melihat di Google Street dapat diklik disini
😦 "Nah ini saluran menarik Pakde. Katanya ada yang jebol membuat banjir bandang"
😀 "Iya itu didongengkan selanjutnya ya ?" 
Dengan melihat peta-peta jadul ini kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan sebuah kota. Pelajaran khusus bagi kawan-kawan yang bekerja dan belajar tentang tataguna wilayah.

Ekstraksi - Mitigasi - Konservasi

Pengembangan wilayah dengan dasar sumberdaya alamnya saja (Ekstraksi) tidak cukup, harus mengerti dan memperhitungkan ancaman fenomena alam yang merusak supaya tidak menjadi bencana (Mitigasi), dan juga harus difikirkan pengelolaan supaya tetap langgeng (sustain) dengan konservasi wilayah yang seimbang (Konservasi). Setiap daerah tentunya dapat saja dipakai peruntukan sesuai kondisi ideal, namun alam memberikan peringatan-peringat yang harus dimengerti konsekuensinya.
😦 "Jadi gimana dengan likuifaksinya ?
😀 "Nah, tunggu di dongengan selanjutnya"

pakde | Oktober 17, 2018 
Peta Jadul Kota Palu Reviewed by salingka luak on Oktober 18, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.