Search

Gempa Situbondo Bergeraknya Sesar Kambing


Belum selesai kita dikagetkan dengan Gempa Palu Donggara, kita sudah dibangunkan oleh Gempa Situbondo dengan magnitudo M6,4.
Dari kajian ringkas dan sederhana dari data peta geologi serta penelitian struktur geologi daerah sekitar Jawa Madura ini, diperkirakan gempa ini disebabkan karena Sesar Kambing. Yaotu sesar yang melalui Pulau Kambing dan diperkirakan yang mengangkat Pulau Kambing sehingga muncul ke permukaan.
Kajian geologi daerah ini pernah dilakukan oleh Awang Satyana dkk yang pernah dipublikasikan di IAGI tahun 2004 ini menunjukkan adanya sesar naik (backthrust). Sesar ini diperkirakan juga akibat adanya zona RMKS (Rembang Madura Kangean Sakala).
Zona sesar mendatar ini cukup lebar dan memanjang dari Utara Jawa Timur hingga memotong Pulau Madura, sampai ke Sakala disebelah utara Kangean. Panjangnya lebih dari 300 Km.
😦 "Pakde ini aktif nggak sih ?"
😀 "Sesar ini sebenernya sudah terbentuk sejak 5 juta tahun yang lalu, atau malah lebih tua"
Mungkin ada yang ingat dongengan Patahan Membelah Pulau Jawa sebelumnya. Dibawah ini peta-peta membelah Pulau Jawa itu.


Sribudiyani Dkk 2003

Penelitian sesar-sesar aktif hingga saat ini amsih kebanyakan sesar yang tersingkap di darat. Namun tidak menutup kemungkinan, sesar-sesar dibawah laut ini juga masih banyak yang harus dipetakan.
😦 "Oooh pantesan Pakde selalu minta survey Multibeam Bathymetri, peta kedalaman bawah laut itu ya ?"