Salingka News

random

WAWAKO SAMBANGI MASJID NURUL IKHLAS MAPOLRES PAYAKUMBUH



Humas Kominfo -- Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz menyambangi Masjid Nurul Ikhlas Komplek Mapolres Kota Payakumbuh Kamis (7/6) malam. Didampingi Kabag Kesra, Ul Fakhri dan Kabid Kehumasan Kominfo, Irwan Suwandi, Wakil Walikota menunaikan Sholat Isya berjamaah dilanjutkan Sholat Tarawih di masjid yang dulunya berstatus mushalla.

Rombongan wakil walikota disambut lengkap oleh unsur pimpinan Polres Payakumbuh dibawah Komando Kapolres, AKBP. Endrastiawan Setyowibowo. Terlihat hadir, Wakapolres, Kompol. Edisra, Kabag Ops, Kompol. Basrial dan beberapa pejabat struktural dilingkungan Polres Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Kapolres mengaku bersyukur Masjid Nurul Ikhlas Komplek Mapolres bisa berdiri indah sebagai ganti dari bangunan mushalla lama. Dirinya berharap keberadaan masjid, mampu mengakomodir kebutuhan jamaah khususnya anggota Polres Payakumbuh.

"Alhamdulillah, sudah satu bulan masjid ini berfungsi. Perubahan fisik dan nama dari mushalla menjadi masjid untuk mengakomodir pelaksanaan ibadah khususnya Sholat Jumat bagi anggota Polres," terang Endrastiawan.

Dikatakan, sebelum masjid berfungsi, anggota Polres Payakumbuh harus bertebaran mencari masjid guna menunaikan Sholat Jumat. Mereka kemudian harus kembali lagi ke kantor. Hal itu dirasa tidak efektif.

"Alhamdulillah, dengan keberadaan masjid ini, anggota bahkan masyarakat sekitar bisa Sholat Jumat disini. Meski ada beberapa fasilitas pendukung yang belum tersedia, seperti pagar. Tadi saya bisiki pak Wawako, kata beliau akan diusahakan dibantu Pemko. Atas nama Polres Payakumbuh kami ucapakan terima kasih," kata Kapolres.

Sementara, wakil walikota dalam sambutannya mengatakan dirinya memang berniat melakukan safari ke masjid/mushalla diluar agenda safari pemerintahan. Hal itu ditujukan untuk lebih mempererat jalinan silaturahim dengan berbagai kalangan termasuk unsur Forkopimda.

"Ini bukan kebetulan. Ini takdir. Saya mengikuti gerak hati, kemana saya bisa bersilaturahim di bulan suci ini. Dua hari yang lalu saya di mushalla Batalyon, ketemu pak Danyon. Hari ini gerak hati membawa saya ke Masjid Nurul Ikhlas Polres, semoga silaturahmi ini semakin menyatukan kita dalam rangka membangun Kota Payakumbuh," ujar Wawako, Erwin Yunaz.

Pada kesempatan itu, wakil walikota mengajak jamaah untuk meramaikan masjid dan menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas. Menurutnya fungsi masjid saat ini tereduksi jauh dari apa yang dicontohkan Rasulullah dahulu.

"Dari pantauan kami, masjid-masjid kita baru terisi oleh jamaah sekitar dua puluh persen. Belum lagi secara fungsi, masih belum optimal. Masjid bukan sekedar fasilitas ibadah sholat saja. Dahulu, Rasulullah menjadikan masjid sebagai pusat pemerintahan, pusat pengendalian ekonomi, bahkan perangpun dikendalikan di masjid. Jadi mari kita kembali ke masjid. Kita optimalkan  fungsinya," ujar Wawako, Erwin.

Erwin juga menghimbau agar pengelolaan masjid kedepan memperhatikan kebutuhan anak-anak dan generasi muda, sehingga tumbuh rasa cinta mereka terhadap masjid yang membuat mereka rajin mendatanginya.

"Mari tanamkan kepada anak kemenakan kita rasa mencintai masjid. Hal ini bisa dimulai dengan menyediakan fasilitas bermain anak anak dilingkungan masjid. Kita berharap dengan itu akan lahir generasi penerus yang cinta masjid," pungkas Wawako, Erwin.

Pada kesempatan itu, Wawako menyerahkan bantuan/ bekal buat makan sahur kepada para Jamaah sebanyak 50 porsi melalui pengurus Masjid Nurul Ikhlas Polres Payakumbuh.(rel)
WAWAKO SAMBANGI MASJID NURUL IKHLAS MAPOLRES PAYAKUMBUH Reviewed by salingka luak on Juni 07, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.