Translate

Ferizal Ridwan Buka Program Padat Karya Tunai

- April 24, 2018



Limapuluh Kota,---- Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan membuka pelaksanaan Program Padat Karya Tunai pembangunan jalan rabat beton sepanjang 265 Meter, di Nagari Bukik Limbuku, yang bersumber dari Dana Desa 2018, Senin (23/4). 

Hadir pada kesempatan itu, perwakilan Camat Harau, Muspika Kecamatan Harau, Wali Nagari Bukik Limbuku, fasilisator, pandamping dan unsur masyarakat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan mengatakan bahwa, Program Padat Karya Tunai (PKT) merupakan program multi manfaat, yang ditetapkan berdasarkan SKB 4 Menteri.

"Pelaksanaan Padat Karya Tunai diakomodir dari dana desa, yang mana ada kompensasi penggantian upah secara tunai, dengan maksud agar dana desa (DD) dapat berputar di lingkungan masyarakat sehingga bisa meningkatkan pendapatan warga." Ungkapnya.

Disamping itu, Wabup Ferizal Ridwan juga menghimbau, agar program padat karya tunai ini dijadikan sebagai rangsangan untuk meningkatkan partisipasi dalam masyarakat.

"Tanpa mengurangi semangat gotong royong, dan bukan dalam artian pemerintah ingin merubah kebiasaan, tapi mari jadikan program Padat Karya Tunai ini sebagai rangsangan untuk meningkatkam partisipasi dan kepedulian dalam masyarakat." Ulasnya.

Dirinya juga menuturkan, meskipun dalam perencanaan lebar jalan hanya 3 Meter, seyogyanya pemerintah nagari bersma masyarakat agar dapat membebaskan lahan untuk ketersediaan jalan dengan lebar 6 Meter, karena kedepan, dengan ketersediaan jalan lebar 6 Meter itu, akan dapat diajukan menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Walau dalam perencanaan, jalan ini memiliki lebar 3 Meter, kalau bisa untuk kedepan, pemerintah Nagari bersama pemuka masyarakat agar bermufakat meyakinkan anak kemenakan supaya bisa menambah pembebasan jalan, karena dengan lebar jalan 6 Meter, akan bisa dialihkan menjadi kewenangan Kabupaten. Dan tentu saja hal ini akan berdampak baik untuk masyarakat." Pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Nagari Bukik Limbuku, Dodi, berharap kepada Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota agar selalu memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap penggunaan dana desa.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan yang telah melaonching penggunaan dana desa untuk pencapaian pertama. Dan kami juga berharap agar pemerintah kabupaten Limapuluh Kota senantiasa selalu memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap penggunaan dana desa." Ucapnya. (relhum)
Advertisement
loading...
 

Start typing and press Enter to search