Search

Erwin Yunaz : Karakter Wakil Wali Kota Menguatkan Kepala Daerah

BAKAL CALON WALI KOTA PAYAKUMBUH, HAJI ERWIN YUNAZ (HEY)

Payakumbuh,- Kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh semakin menarik untuk diulik, apalagi pasca beberapa tokoh mulai mendaftar ke partai politik untuk mencalonkan diri ikut dalam pesta demokrasi di Kota Randang yang akan ditabuh pada November 2024 mendatang.

Salah satu calon kuat adalah Haji Erwin Yunaz (HEY) yang saat ini menjadi Ketua Partai Nasdem Kota Payakumbuh. Di tangan Erwin, Nasdem Sukses meraih 4 kursi di DPRD Kota Payakumbuh pada Pemilu Februari 2024 silam. Artinya, Nasdem hanya butuh 1 kursi lagi untuk mengusung calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Kota Payakumbuh.

Seperti slogan minuman "apapun makanannya, minumnya teh botol sosro", pun juga begitu, siapapun wakilnya, Erwin Yunaz adalah calon wali kotanya.

Media ini berkesempatan mewawancara Erwin Yunaz di salah satu restoran di Kota Payakumbuh, Minggu (28/4), menanyakan perihal siapakah kira-kira atau seperti apa sosok wakil wali kota yang cocok disandingkan dengannya.

"Yang jelas, karakter wakil bisa menguatkan seorang kepala daerah, itu penting dalam membangun daerah," ujar HEY.

Pernyataan itu disampaikan HEY bukan tanpa alasan, karena dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Payakumbuh 2017-2022 bersama Wali Kotanya Riza Falepi. Dengan momentum Pilkada 2024 ini HEY menyatakan akan maju sebagai wali kota. Sejumlah kriteria yang menurutnya pas dalam membangun Payakumbuh kedepannya menjadi lebih baik, diantaranya cukup wawasan dan pribadi yang akan menambah dalam mengelola Payakumbuh, pendidikan dan memiliki jam terbang atau berpengalaman.

Lebih jauh, HEY juga menyatakan tidak dapat dipungkiri peran media yang mampu memberikan goresan terbaik untuk menemukan sosok wakil wali kota yang kriteranya sederhana seperti yang disebutkan HEY. 

"Kata kuncinya, adalah Kota Payakumbuh ini semakin berbeda, pemikiran-pemikiran tentang kemajuan kota ini sudah mendahului orang-orang yang baru berfikir, kalau tidak cukup ilmu untuk memimpinnya maka sulit kita bergerak menuju perubahan besar, yang jelas ada kesetaraan yang diharapkan untuk membangun kota ini," tegasnya

Di samping itu, HEY yang berhasil mempopulerkan Payakumbuh City of Randang semasa menjabat Wakil Wali Kota Payakumbuh itu menyebutkan akan membuka pendaftaran calon kepala daerah di Partai Nasdem pada bulan depan.

”Insyaallah untuk pendaftaran Bakal Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Payakumbuh untuk Pilkada tahun 2024 di DPD Partai Nasdem akan kita buka 1 Mei nanti,” tukuknya.

Terakhir, terkait komunikasi Politik dengan Partai lain, Erwin yang berhasil menaikkan kursi Nasdem di DPRD Kota Payakumbuh dari 2 menjadi 4 itu menyebutkan bahwa telah melakukan pendaftaran ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan mengambil formulir di Partai Amanat Nasional (PAN). (FS)