Search

TSR I Pimpinan Bupati Safaruddin Kunjungi Masjid Baiturrahman Suliki

 

Lima Puluh Kota — Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo selaku pimpinan Tim Safari Ramadan I (TSR) Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melakukan kegiatan Safari Ramadan ke Masjid Baiturrahman Jorong Ekor Parit, Nagari Limbanang, Kecamatan Suliki, Sabtu, (16/03/2024).

Antusiasme masyarakat Limbanang dalam menyambut Tim I yang dikomandoi Bupati Lima Puluh Kota sendiri sungguh luar biasa, diawali berbuka bersama dengan masyarakat. Turut tergabung dalam TSR I Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Kepala Kantor Kemenag Irwan, Ketua TP-PKK sekaligus Ketua BKMT Lima Puluh Kota Nevi Safaruddin, Ketua Baznas Lima Puluh Kota Yulius, Kadistanhortbun Witra Porsepwandi, Kepala Badan Keuangan Win Hari Endi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi, Kepala Dinas Tanhorbun Witra Porsepwandi, Kepala Dinas Kesehatan Yulia Masna, Kepala Dinas PUPR Novriandi Syukri dan sejumlah wartawan.

Dalam kunjungan tersebut, TSR I turut memberikan bantuan pembangunan Masjid Baiturrahman senilai Rp.20.000.000 serta bantuan paket Ramadhan dari Kemenag Lima Puluh Kota dan Baznas Lima Puluh Kota kepada pengurus Masjid dan sejumlah warga.

“Selain bersilaturahmi dan menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang program pembangunan yang telah dan akan berjalan di Lima Puluh Kota, utamanya safari Ramadan Pemkab Lima Puluh Kota bertujuan untuk menyerap aspirasi secara langsung dari masyarakat,” ucap Bupati Safaruddin mengawali sambutannya.

Selanjutnya Ia mengatakan, di tengah keterbatasan anggaran, pembangunan infrastruktur terus dilakukan, baik dari pinggiran maupun dari tengah Ibukota.

”Sebagaimana penyampaian Wali Nagari Yori Noviola, Pemerintah Daerah masih memiliki tanggung jawab penyelesaian pengerjaan ruas jalan Ekor Parit, kami akan upayakan di awal 2025 untuk menuntaskan pengerjaannya,” ungkap Bupati Safaruddin.

Selain itu, Bupati Safaruddin turut menjelaskan kondisi Pendidikan maupun sektor pertanian di Kabupaten Lima Puluh Kota, diantaranya Pemkab Lima Puluh Kota masih berupaya mencukupi kuota kebutuhan guru agama ditingkat SD maupun SLTP.

“Sampai saat ini kita masih kekurangan guru agama di tingkat SD dan SLTP, sebelumnya kekurangan itu mencapai 200 orang dan Alhamdulillah jumlahnya terus berkurang, Pemkab Lima Puluh Kota terus berupaya untuk mencukupi kekurangan guru yang terjadi di Lima Puluh Kota,” ujar Bupati Safaruddin.

Terkait pendirian Rumah Tahfidz di Jorong Ekor Parit, Bupati Safaruddin mengatakan supaya pondok tahfidz yang direncanakan pendiriannya agar segera memenuhi kelengkapan administrasi untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah maupun Kemenag Lima Puluh Kota.

Sementara itu, Wali Nagari Limbanang mengapresiasi pemilihan Mesjid Baiturrahman sebagai lokasi kunjungan tim Safari Pemkab Lima Puluh Kota.

“Tak kurang 400 jorong di Lima Puluh Kota, Alhamdulillah tahun ini Jorong Ekor Parit berkesempatan dikunjungi Bupati bersama tim melaksanakan Safari Ramadan. Kami berharap terlaksananya kegiatan ini mampu menyerap aspirasi langsung masyarakat dan mendekatkan hubungan antara Bupati dengan masyarakat Jorong Ekor Parit,” ungkapnya. (fs)