-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Tua Sebelum Waktunya

Semakin berkembangnya zaman maka tidak dipungkiri lagi bahwa semua itu mampu merubah segala segi kehidupan manusia. Manusia disatu sisi berupaya menyesuaikan dengan keadaan yang sedang dijalani sekarang namun disatu sisi penyesuaian tersebut menjadi boomerang yang lama kelamaan membawa pengaruh buruk terhadap kehidupannya. Sebut saja soal penampilan, siapa saja berlomba-lomba dalam menata dan memperbaiki penampilan agar terlihat menarik dimata seseorang. Tidak hanya Wanita, laki-laki, tua dan muda semuanya selalu memperhatikan penampilan dalam kesehariannya.

Menjaga penampilan agar terlihat menarik dan tidak cepat tua tidak hanya dengan perawatan dari luar saja,  tetapi juga dari dalam. Salah satunya adalah dengan menghindari berbagai sumber makanan yang dapat mempercepat terjadinya penuaan pada diri seseorang. Makanan tersebut pada umumnya memang makanan yang tergolong tidak sehat dan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari, simak informasi berikut supaya kamu tetap awet muda, diantaranya yaitu :

1.      Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau juga dikenal sebagai air karbonasi merupakan air yang “disuntikkan” gas karbon dioksida sehingga terbentuk gelembung-gelembung khas pada air soda yang dapat memberikan sensasi menggelitik di lidah.

Minuman bersoda memang nikmat dan segar di lidah dan tenggorokan, apalagi diminum saat perjalanan jauh dan panas. Minuman ini sangat digemari oleh semua kalangan, bahkan ada yang menjadikannya sebagai minuman harian.

Namun, dengan seringnya meminum minuman yang bersoda dapat memicu dan mempercepat munculnya kerutan-kerutan pada dahi sehingga kulit wajah akan terlihat lebih tua dari yang biasanya.

 

2.      Minuman beralkohol

Minuman beralkohol juga bisa membuat kamu terlihat tua lebih cepat. Pasalnya, minuman ini dapat membuatmu kehausan dan mengganggu pola tidurmu. Padahal, istirahat sangatlah penting untuk memperlambat penuaan. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat merusak fungsi hati, sehingga menghambat proses penyaringan dan pembuangan racun dalam tubuh. Ketika racun menumpuk, maka dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, dan hilangnya kolagen.

3.      Makanan tinggi garam

Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin atau tinggi sodium juga bisa membuatmu terlihat lebih cepat tua. Pasalnya, terlalu banyak makan garam dapat membuat tubuh menumpuk air, sehingga tampilan kulit menjadi sembap dan tidak segar serta wajah akan menjadi kusam.

4.      Makanan tinggi protein yang berlebihan

Memakan daging merah, telur, keju musti harus dihindari meskipun saat sekarang banyak makanan yang menambhakan bahan tersebut. Kandungan-kandungan dalam makanam tersebut bisa membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan peradangan yang merusak kolagen (protein pendukung kekencangan kulit). Akibatnya, kulit kamu jadi kering, kusam, dan kendur sehingga terlihat lebih tua dari seharusnya.

5.      Jenis-jenis gorengan

Makanan yang disajikan dalam bentuk gorengan memang sangat mengugah selera siapapun. Memang tidak bisa diingkari bahwa yang satu ini memang sangat dekat dengan keseharian kita. Namun, siapa sangka gorengan yang kita konsumsi apalagi dalam rentang waktu yang relative sering dapat memicu penuaan karena didalam gorengan terkandung lemak trans yang tinggi.

Selain itu, semua makanan yang digoreng dalam rendaman minyak, misalnya kentang goreng atau ayam goreng, bisa melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan sel-sel pada kulit. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan karena bisa melemahkan elastisitas kulit.

6.      Makanan atau minuman tinggi gula

Kadar gula darah yang berlebih dari makanan dapat menyebabkan peradangan yang merusak kolagen. Selain itu, gula dari makanan juga akan menempel pada mulut dan menyebabkan gigi kuning dan keropos. Kedua hal ini bisa membuat seseorang tampak lebih tua dari seharusnya.

 

 Penulis: Obel SP.MP

Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar