-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Suir Syam Sosialisasikan pentingnya BPJS Ketenagakerjaan

 


Tanah Datar, salingkaluak.com  - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan mitra kerja Komisi IX DPR RI. Sebagai bagian dari komisi tersebut, Sui Syam menggelar sosialisasi program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat di Tanah Datar, yang diadakan di Gedung Serbaguna Nagari Sungayang, Rabu (7/2/24).

Kegiatan sosialisasi ini diinisiasi anggota DPR RI Komisi IX dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR, dari Partai Gerindra.Dan turut dihadiri Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Tanah Datar Zulkifli, Camat Sungayang bersama Forkopimda, Wali Nagari se Kecamatan Sungayang. Sedangkan peserta sosialisasi sebanyak 500 orang, yang terbagi 2 sesi, pagi 250 dan siang 250 peserta.

Anggota DPR RI dr. H. Suir Syam sampaikan, BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para pekerja, yang terdiri pekerja penerima upah dan bukan penerima upah, kriteria yang masuk bukan penerima upah seperti petani, sopir, ojek, pedagang, dan lainnya.

"Pemberi kerja dan tenaga kerja berhak atas perlindungan dari resiko sosial ekonomi yang mungkin dihadapi, sehingga wajib mendapatkan perlindungan dalam program BPJS Ketenagakerjaan," ulas Suir Syam.

Suir Syam terangkan, BPJS Ketenagakerjaan ini ada Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Hari Tua (JHT), jadi kalau kita mengalami kecelakaan kerja, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung seluruh biaya rumah sakit sampai sembuh. Dan kalau peserta mengalami cacat, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan membayar santunannya.

Suir Syam juga menyampaikan, manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan diantaranya peserta memiliki tabungan hari tua sebagai proteksi jika sudah tidak memiliki pekerjaan. Saldo tabungan JHT dapat diambil setelah tenaga kerja berhenti bekerja, meninggal dunia atau memasuki usia pensiun.

"Keluarga dan ahli waris terlindungi jika pekerja mengalami kematian, manfaatnya antara lain santunan kematian bagi ahli waris jika tenaga kerja meninggal dunia," sampainya.

Terakhir, dr. Suir Syam berharap agar masyarakat Tanah Datar, untuk ikut program BPJS Ketenagakerjaan ini, kita cuma bayar Rp.16.800/bulan. "Dan banyak manfaatnya bagi kita yang ikut BPJS Ketenagakerjaan ini," pesannya.

Sebelumnya, Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Tanah Datar Zulkifli sampaikan, kami ucapkan terimakasih kepada bapak Suir Syam yang telah menggelar sosialisasi ini, dan berharap dengan sosialisasi ini masyarakat mengerti tentang perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami dari BPJS Ketenagakerjaan sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga masyarakat Tanah Datar memahami dan mengerti, serta bisa ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

Zulkifli terangkan, BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua. "Program jaminan sosial merupakan hak setiap pekerja, baik penerima upah maupun bukan penerima upah (BPU)," katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Sungayang Nofri Edison katakan, Saya sangat mengapresiasi anggota DPR RI dr. Suir Syam, yang begitu peduli dengan kampung halamannya dan juga dalam kegiatan sosialisasi perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.ujarnya.(nh).

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar