Search

Cerita Mentari, Pakai BPJS Buat Lahiran, Akses Mudah dan Layanan Bagus


Payakumbuh --- Mentari (26) peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) asal Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang, Kota Payakumbuh mengaku telah merasakan berbagai manfaat layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, mulai dari rawat jalan hingga penjaminan biaya persalinan anak pertamanya.


"Saya sudah beberapa kali menggunakan JKN, baik di FKTP maupun rawat inap di rumah sakit. Untuk rawat inap salah satunya saya gunakan untuk lahiran anak pertama say aini  dengan operasi caesar," ungkap perempuan yang akrab disapa Ai, Jumat (26/1).


Peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini menilai terdaftar sebagai peserta JKN adalah salah satu hal yang wajib bagi keluarganya. Sebab, manfaat yang didapatkan cukup banyak, dan juga iuran yang dibayarkan setiap bulan ditanggung oleh pemerintah kota. Saat mendapatkan pelayanan kesehatan, Ai mengaku tidak mengeluarkan biaya sama sekali, baik pada saat berobat di FKTP maupun rawat inap di FKRTL.


"Di keluarga saya, punya jaminan kesehatan adalah hal yang wajib, salah satunya dengan terdaftar sebagai peserta JKN. Bagi saya, selama punya kartu JKN kita tidak perlu khawatir jika sakit. Selama pakai JKN untuk berobat, saya tidak pernah diminta iuran biaya sama sekali, karena semuanya ditanggung oleh BPJS Kesehatan," jelas Ai.


Ai mengatakan pelayanan yang didapatkannya sangat baik meski proses persalinan yang ia jalani menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Menurutnya, tidak ada perbedaan antara pasien JKN dengan pasien tanpa jaminan kesehatan.


"Sebagai peserta JKN, saya merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Rumah sakit yang bersih dan nyaman, dokter dan perawat yang selalu memberikan informasi dengan baik dan jelas serta proses administrasi yang mudah dan cepat, apalagi rumah sakitnya menyediakan ruang tunggu yang sudah ada sofa, nyaman sekali," terang Ai.


Lebih lanjut, peserta dengan hak pelayanan kelas tiga ini mengapresiasi BPJS Kesehatan atas kemudahan akses yang telah disediakan. Ia menambahkan layanan JKN saat ini bisa diakses di mana saja tanpa harus dengan datang ke kantor BPJS Kesehatan. Bahkan bisa dilakukan di rumah atau di tempat dia bekerja melalui Aplikasi Mobile JKN. Di Kota Payakumbuh pun telah ada MPP yang menyediakan layanan BPJS Kesehatan, menurutnya ini sangat-sangat membantu mempermudah aksesnya mendapatkan layanan kesehatan.


"Waktu itu saya ingin sekali melahirkan di rumah sakit yang direkomendasikan oleh ipar saya, saya berpikir kalau prosesnya bakal lama, belum lagi kalau antri di sana-sini. Tapi berkat komitmen yang telah disampaikan Pemko dan BPJS Kesehatan kepada masyarakat, layanannya cepat di puskesmas, untuk melahirkan secara caesar saya dirujuk ke RSKIA Annisa. Jadi sekarang ini layanan kesehatan sudah lebih mudah, cepat dan fleksibel, sip lah pokoknya, luar biasa mantap" ungkapnya.


Ai berharap program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini dapat terus berjalan dan semakin mengembangkan inovasinya untuk memberikan kemudahan akses layanan kepada masyarakat. Apalagi, BPJS sudah sangat berkomitmen agar tidak ada lagi yang membeda-bedakan pelayanan kepada warga, baik mereka pasien yang ditanggung BPJS maupun yang dibayar mandiri.


"Program JKN ini sudah bagus, semoga terus berjalan dalam membantu masyarakat. Harapannya bisa selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua peserta JKN, semakin banyak inovasi kemudahan layanan dan selalu tanggap jika ada peserta yang mempunyai keluhan atau kendala saat mengakses layanan," pungkasnya. (FS)