-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

AJI Padang Beri Penghargaan Kepada Persma di Sumbar

Padang,- Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-19, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang berikan penghargaan kepada sejumlah Pers Mahasiswa (Persma) di Sumatera Barat. Penghargaan diberikan dalam tajuk Anugerah Pers Mahasiswa Sumatera Barat 2023.

Penghargaan itu dibagi dalam dua kategori, yaitu karya jurnalistik terbaik dan pengelolaan media sosial terbaik. 

Ketua AJI Padang, Aidil Ichlas mengatakan, AJI Padang tidak hanya menguatkan anggota-anggotanya yang baru, akan tetapi juga berkomitmen untuk terus menguatkan pers mahasiswa sebagaimana yang juga dilakukan senior-senior terdahulu. 

"Pers mahasiswa adalah benih-benih jurnalis profesional di masa depan. Hampir 50 persen anggota AJI Padang berasal dari pers mahasiswa," tuturnya pada malam puncak perayaan HUT AJI Padang ke-19 yang digelar di Kawana Hotel pada Sabtu, (27/1/2024) malam. 

Ia mengatakan, sejalan dengan tema HUT tahun ini yang bertajuk Menguatkan Generasi Baru, AJI Padang berkomitmen mendorong hal itu dengan mengadakan Anugerah Pers Mahasiswa se-Sumatera Barat. 

"Ini adalah anugerah pertama  yang dilakukan AJI Padang khusus untuk pers mahasiswa se-Sumatera Barat, semoga kegiatan ini tetap berlanjut untuk ke depannya," tuturnya. 

Salah seorang juri penghargaan pengelolaan media sosial terbaik, Novia Harlina mengatakan, di era dinamika informasi yang terus berkembang, lembaga pers mahasiswa berperan sebagai penjaga kebenaran, penyampai informasi, dan pendorong kreativitas tidak dapat diabaikan. 

"Pengelolaan media sosial oleh lembaga pers mahasiswa menjadi bagian integral dari upaya mereka untuk menyuarakan berbagai peristiwa dan pandangan," katanya, Minggu, (28/1/2024). 

Dalam proses penilaian, juri memberikan penekanan pada kreativitas dalam menyajikan informasi, konsistensi, ketepatan waktu dalam memberikan liputan, dan interaksi yang kuat dengan para pembaca serta kualitas konten yang dihasilkan.

Pemenang dalam kategori ini bukan hanya mencerminkan keunggulan dalam pengelolaan media sosial, tetapi juga menjadi teladan inspiratif bagi lembaga pers mahasiswa lainnya. 

"Dengan bangga, kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk semua peserta yang telah berperan aktif dalam membentuk landscape informasi dan pendapat di dunia digital," sebutnya. 

Sementara itu, pemenang karya jurnalistik terbaik I  Lembaga Pera Mahasiswa (LPM) Suara Kampus Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Fajar Hadiansyah mengatakan, penghargaan yang diterima menjadi kebanggaan bagi keluarga besar Suara Kampus, dan sebuah tanggung jawab untuk menjadi lebih baik.

"Semoga anuegerah pers mahasiswa yang diberikan AJI Padang tidak terhenti di sini, karena dengan kegiatan seperti ini akan meningkatkan semangat pers mahasiswa dalam berkarya. Kami berharap di usia yang ke-19 AJI Padang dapat terus menjaga integritas," tuturnya. 

Anugerah Pers Mahasiswa Pers Sumatera Barat 2023 untuk kategori karya terbaik, merupakan hasil penjurian terhadap berita terbaik yang diproduksi oleh pers mahasiswa, periode Januari 2023 sampai 2024. 

Berikut penerima Anugerah Pers Mahasiswa Sumatera Barat 2023,

Kategori Pengelolan Media Sosial Terbaik diberikan kepada SKK Ganto Universitas Negeri Padang. 

Karya Jurnalistik Terbaik I, LPM Suara Kampus UIN Imam Bonjol Padang dengan karya "Menanti Kampus Ramah Disabilitas".  

Karya Jurnalistik Terbaik II, SKK Ganto UNP dengan karya "Menilik Lebih Dekat Lingkungan Hidup di Kampus : Kritik, Pujian dan Pangilan untuk Bertindak".  

Karya Jurnalistik Terbaik III, Genta Andalas Universitas Andalas dengan karya "Menjual Buku Bekas Ibarat "Rasaki Harimau".

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar