-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Tanaman Hias Pengusir Hama

Salingkaluak.com,- Kita membudidayakan suatu tanaman tentunya mengharapkan hasil yang maksimal dengan mengupayakan berbagai langkah budidaya secara baik, namun disamping itu, tentunya banyak factor-faktor lain yang bertindak sebagai factor pembatas sehingga apa yang kita harapkan terkadang tidak sesuai bahkan memeberikan hasil yang sangat mengecewakan. Salah satunya yaitu adanya serangan hama pada tanaman. Serangan ini dapat menimbulkan kerugian bahkan sampai 100% apabila tidak dikendalikan dengan baik. Untuk itu banyak hal yang dilakukan dalam menanggulangi permasalahan tersebut seperti pengendalian secara fisik, mekanik, biologi ataupun penggunaan pestisida kimia.

Pemanfaatan tanaman hias merupakan salah satu alternative yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah hama pada tanaman. Langkah ini dibilang cukup efektif dan efisien karena kita hanya menanam tanaman tersebut berdekatan dengan tanaman budidaya kita. Tanaman hias yang dipilih merupakan tanaman-tanaman yang tidak disenangi oleh hama karena baunya yang menyengat ataupun karena morfologi tanaman tersebut tidak cocok dengan kebiasaan hama. Selain itu, dengan adanya penamanan ini juga menjadikan suatu lahan nampak aestetik dan indah.

Beberapa jenis tanaman hias yang dapat digunakan sebagai alternatife pengusir hama yaitu diantaranya :

1.      Marigold

Marigold merupakan bunga hias berwarna kuning hingga jingga dengan nama latin Tagetes erecta L. Marigold berasal dari famili yang sama dengan krisan, dahlia dan bunga matahari, yaitu Asteraceae. Bunga Marigold tidak hanya dikenal sebagai hiasan semata, tanaman untuk mengendalikan serangan hama belalang, wereng, kutu serta trips yang bisa merusak tanaman pertanian. Penggunaan teknologi ini bisa mengurangi penggunaan pestisida hingga 40 persen sehingga bisa menghemat pengeluaran para petani. Cara kerja dari penggunana tanaman ini adalah  sebagai pengalihan serangan hama yang awalnya hendak ke tanaman budidaya teralihkan ke tanaman bunga marigold. Banyaknya serangga yang terkumpul dalam tanaman marigold akan mengundang serangga predator seperti kumbang, lebah datang dan memakan serangga hama wereng, kutu serta trips.

2.      Bunga krisan

Tanaman krisan merupakan tanaman hari pendek yang secara alamiah di daerah sub tropis akan mengalami pertumbuhan vegetatif pada hari panjang (long day) pada musim panas dan akan mengalami perkembangan generatif pada hari pendek pada musim gugur. Bunga krisan termasuk tanaman pengusir hama. Tanaman ini bisa mengusir banyak hama termasuk semut, kecoak, kutu, kutu, kutu busuk, kutu busuk, tungau laba-laba, kumbang Jepang, dan banyak lagi.

3.      Bunga lavender

Lavender adalah pemain utama dalam penangkal serangga dan hama, dan ahli dalam menangkal lalat, kutu, ngengat, nyamuk, kumbang, kecoak, dan banyak hama lainnya.

4.      Geranium

Geranium menjadi tanaman hias pengusir nyamuk yang populer. Geranium mengeluarkan aroma lemon yang semerbak, sekilas aromanya seperti serai. Tak hanya itu, geranium juga memiliki bunga yang indah dengan wangi yang kuat. Aroma kuat yang dihasilkan tersebutlah yang dapat menjauhkan beberapa jenis hama. Tanaman hias ini cepat tumbuh dan menyukai iklim hangat, cerah dan kering, sehingga cocok ditanam di halaman rumah.

5.      Kemangi

Kemangi atau basil juga merupakan tanaman hias pengusir nyamuk alami. Dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2009, minyak esensial dari kemangi ini beracun bagi larva nyamuk. Tak hanya itu, kemangi juga berfungsi ganda sebagai pengusir hama. Itu karena bau tajam dari daun kemangi inilah yang mencegah hama. Tanaman hias ini menyukai kondisi lembab dan terpapar banyak sinar matahari.

6.      Dahlia

Jika Anda mencari sesuatu untuk membebaskan taman Anda dari nematoda, dahlia ( Dahlia pinnata) mungkin merupakan pilihan bunga terbaik. Dahlia tidak hanya cantik, tetapi juga sangat membantu membasmi hama jenis ini. Menurut ProFlowers, bunga ini membutuhkan enam jam atau lebih sinar matahari penuh penyiraman setiap hari dan mingguan. Dahlia juga tumbuh subur di tanah yang memiliki drainase yang baik. Dalam kondisi yang tepat, mereka bisa tumbuh setinggi 4 hingga 5 kaki.

7.      Rosemary

Rosemary ( Salvia ro smarinus ) merupakan sejenis tanaman perdu dengan bunga mekar berwarna cerah yang tidak hanya berbau harum tetapi juga memiliki khasiat pengendalian hama yang ampuh.

Penulis: Obel SP.MP

Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar