Search

Pelatihan pembuatan POC di Nagari Sunua Barat



Oleh: Dr. Afdhal Muttaqin, S.Si., M.Si. dan Tim Dosen 

Departement Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas

Padang Pariaman,Salingkaluak.com,- Minggu, 10 Desember 2023 dilaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan POC (pupuk organic cair) dalam program Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh tim pengabdian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas. Lokasi pelatihan dilaksanakan di kantor Wali Nagari Sunua Barat yang bertempat di Kantor wali nagari sunua barat di korong pintir kayu Nagari Sunua Barat, kec. Nan sabaris. Kegiatan ini di ikuti lebih kurang 30 orang warga nagari sunua barat yang berprofesi sebagai petani.

Kegiatan pelatihan dibuka dengan sambutan dari Wali Nagari Sunua Barat, Bapak Sukardi Syukur., B.Sc. sebagai Wali Nagari Sunua Barat. Wali Nagari Sunua Barat menyambut gembira kegiatan pelatihan ini, dengan harapan mampu membantu Masyarakat Sunua Barat yang Sebagian besar berprofesi sebagai petani. Dalam sambutannya, Bapak Sukardi Syukur menyampaikan kesulitan petani dalam mendapatkan pupuk yang diperlukan oleh masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau.


Kata sambutan dari  Wali Nagari Sunua Barat, Bapak Sukardi Syukur., B.Sc. pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Nagari Sunua Barat oleh FMIPA UNAND.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pembuatan POC dengan bahan utama memanfaatkan limbah rumah tangga yang mudah diperoleh, diantaranya berbahan air kelapa, air cucian beras, kulit bawang, dan bumbu-bumbu daput serta sampah pisang yang selama ini tidak termanfaatkan. POC merupakan pupuk yang dibuat secara alami melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan larutan hasil pembusukan dari sisa tanaman, maupun kotoran hewan atau manusia. POC memiliki keunggulan, diantaranya merangsang pertumbuhan tunas baru, merangsang pembungaan dan pembentukan buah, dan dapat memperkuat daya tahan tanaman.

 

Pada pelatihan disampaikan bahwa kandungan yang terdapat dalam POC dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, seperti untuk merangsang pembungaan dan pembentukan buah dapat digunakan POC air kelapa dengan tambahan telur, dan jantung pisang atau sabut kelapa.Suasana saat pemberian materi pelatihan pembuatan POC oleh narasumber dari FMIPA Universitas Andalas.

Antusiasme peserta terlihat dari pertanyaan – pertanyaan yang disampaikan pada sesi diskusi. Terlihat warga sangat antusias untuk mengetahui beragam POC yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan dan jenis tanaman. Pada pelatihan ini, warga juga diajak membuat POC secara langsung dengan bahan air kelapa yang banyak ditemukan di Nagari Sunua Barat. Peserta pelatihan juga dibekali dengan peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan POC. Selain itu, pada pelatihan juga diberikan POC yang telah siap untuk digunakan sebagai contoh, dikarenakan untuk POC yang dibuat membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu sebelum dapat digunakan. Acara ditutup dengan pembagian hadiah dan foto tim pengabdian dari FMIPA Universitas Andalas dengan masyarakat Nagari Sunua Barat peserta pelatihan POC.

Foto Bersama peserta pelatihan pembuatan POC dengan masyarakat peserta pelatihan POC Nagari Sunua Barat.

Kegiatan pengabdian ini terlaksana atas dukungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, melalui dana PN-Unand FMIPA Universitas Andalas dengan kontrak kegiatan Nomor: 07/UN.16.03.D/PP/FMIPA/2023 tahun anggaran 2023. Masyarakat berharap agar kegiatan pengabdian ini ddapat terus berlanjut agar kontribusi Universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi dapat terus dirasakan oleh masyarakat.