-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Nagari Maek Baralek Gadang

 


Limapuluh Kota, -Maek, Nagari yang berada di Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat Baralek Gadang (pesta besar). Sabtu 09/12/23 puncak baralek gadang Nagari Maek dilaksanakan. 


Baralek gadang di Nagari Maek dalam rangka penobatan 2 rajo (rajo adat & ibadat) serta malewakan gala  sebanyak 22 Pangulu/niniak mamak. 


Penobatan duo Rajo dan Niniak Mamak tersebut, jika tidak ada aral melintang, juga akan dihadiri Rajo Negeri Sembilan Malaysia, Tampuak Tangkai Rajo Alam Pagaruyuang, Rajo Ibaday Sumpur Kudus, Rajo Adat Buo, Inyiak Majo Lelo dan Rajo Pulau Punjuang, serta Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. 


“Insha Allah, kita akan gelar alek penobatan Rajo Adat dan Rajo  Ibadat serta 22 orang Niniak Mamak dengan prosesi “Mambantai Kabau” (menyembelih Kerbau, red) dengan agenda selama tiga hari, Dari Kamis 07/12/23” terang Wali Nagari Maek yang sekaligus Ketua Panitia, Efrizal Hendri Datuak Patiah. 


Nagari yang berada di aliran Batang Maek dan tempat keberadaan situs peninggalan zaman Megalitikum tersebut, akan menobatkan Datuak Rajo Bandaro sebagai Rajo Adat dan Datuak Rajo Dirajo sebagai

 Rajo Ibadat.”Kita berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses dari awal hingga acara selesai Sabtu ini,” harap Wali Nagari Maek, Efrizal Hendri Datuak Patiah.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar