-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Ajak UMKM Kelurahan Katulampa Berdigitalisasi


Bogor ─ Mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University dorong digitalisasi Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) sebagai proyek utama Project Based Learning (PBL) di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur,

Proyek ini berlangsung   selama 6 minggu (27 Oktober-30 November 2023) di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Proyek ini adalah proyek pengabdian kepada masyarakat , dan ini menjadi bagian dari Mata Kuliah Komunikasi Digital, yang

bertujuan untuk mempelajari dan menyelesaikan masalah masyarakat terkait komunikasi digital melalui inovasi oleh mahasiswa.

Proyek ini di ikuti oleh  beberapa mahasiswa di antaranya,Umar Budiman, Saffana Khalista, Syifa Khoerunnisa, Raja Agung ,Sulaiman, dan 5 orang mahasiswa lainnya yang tergabung dalam Kelompok 1.

Dalam Pelaksanaan proyek ini  kegiatanya adalah mengunjungi dan membuat konten di beberapa UMKM Kelurahan Katulampa, seperti Pusat Kerajinan Kujang, Wisata Ngalun untuk dipromosikan dihaman resmi media sosial Instagram milik Kelurahan Katulampa, @kelurahan_katulampa.

Konten-konten kekinian tentang UMKM dan wisata hasil kelolaan masyarakat dan

pemerintah sekitar ini di harapkan mampu meningkatkan awareness dari masyarakat di Kelurahan Katulampa tentang potensi yang mereka miliki. 

Selain itu, kita berharap dengan konten-konten ini lebih banyak orang tau tentang UMKM dan wisata di Kelurahan Katulampa,” ungkap Umar, Ketua Kelompok 1.

Selanjutnya, para pelaku UMKM di Kelurahan Katulampa dihimpun dalam satu komunitas

dengan memanfaatkan platform media sosial Whatsapp untuk diberikan materi terkait ,manfaat dan cara digitalisasi UMKM. 

Pada proses edukasi ini, mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 1 ini, turut mengundang para pelaku UMKM yang telah sukses memanfaatkan platform digital untuk memajukan usahanya, sebagai inspirasi bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Katulampa yang tergabung dalam komunitas.

Dengan dibentuknya komunitas UMKM Kelurahan Katulampa ini,semoga para pelaku UMKM dapat saling terhubung dan berinteraksi,” ungkap Ceri, anggota Kelompok 1.

Proyek ini kemudian ditutup dengan penempelan poster dan infografis terkait Komunitas UMKM Kelurahan Katulampa di sekitar Kantor Kelurahan Katulampa agar informasi mengenai komunitas ini sampai ke masyarakat  (.--)

Penulis: Balqis Nabila
Mahasiswa Jurusan Komunikasi digital dan Media Fakultas Sekolah Vokasi IPB University
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar