-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Festival Qasidah Se Tanah Datar Digelar

 


Tanah Datar ,- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kantor Kementerian Agama dan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar menggelar festival Qasidah se-Tanah Datar pada Jum’at (8/12) di Lapangan Cinduamato.

Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Ariswandi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah merespon acara ini.

"Langkah awal ini merupakan tolak ukur kita terhadap pertumbuhan dan perkembangan Qasidah kedepannya. Sesuai dengan amanat Bupati Tanah Datar agar menjaga dan memupuk eksistensi kesenian Qasidah agar tak tergerus zaman. Dalam kegiatan ini pihak penyelenggara menyediakan hadiah dengan rincian: Juara 1 Rp 2 juta, juara 2 Rp1.8 juta dan juara 3 Rp 1.6 juta. Disamping hadiah tersebut, Pemerintah daerah juga menyediakan uang pembinaan bagi masing-masing grup Qasidah sebesar Rp 8 juta” urai Aris

Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar  H. Amril, S.Ag. MM mengucapkan terima kasih apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atas kolaborasi yang telah melibatkan jajaran Kemenag.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah melibatkan kami dalam pelaksanaan kegiatan lomba Festival Qasidah tingkat Kabupaten dalam rangka mensukseskan kegiatan festival Minangkabau . Dengan harapan kiranya kolaborasi dan sinergitas yang dilakukan hari ini bisa kita kembangkan lagi untuk masa yang akan datang dalam kegiatan dan keagamaan di Kabupaten Tanah Datar," jelas Amril.

” Festival Qasidah Rebana yang diadakan ini adalah dalam rangka menciptakan dan mewujudkan visi misi Kabupaten Tanah Datar yaitu menjadikan Kabupaten Tanah Datar yang Madani ,maka salah satu indikator yang ada itu adalah masyarakat atau warganya mencintai, menggemari serta memiliki kesukaan terhadap seni dan budaya yang bermanfaat dan bernuansa Islami," sambungnya.

“Festival Qasidah merupakan kegiatan seni budaya Islam maka kita harapkan bapak-bapak ibu-ibu peserta dengan kegiatan ini untuk mengelompokkan kegiatan," ujar Amril.

Lebih lanjut Amri mengharapkan melalui festival Qasidah ini menghasilkan indahnya silaturahmi, meningkatkan ukhuwah, kebersamaan. Dan harapan selanjutnya semakin meningkatkan kecintaan kita terhadap seni dan budaya Islam itu sendiri. (nh).

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar