-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Mengintip Khasiat Si Bunga Honje


Kecombrang merupakan salah satu tanaman rempah yang memiliki segudang manfaat untuk sebagai bahan pangan, obat-obatan herbal dan industri kosmetika. Tanaman kecombrang memiliki nilai nutrisi yang cukup baik serta mengandung senyawa yang bersifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas didalam tubuh sehingga kekebalan tubuh kita tetap terjaga dengan baik. Selain kaya manfaat yang terkandung didalam tanaman kecombrang juga memiliki nilai ekonomis dan estetika sebagai tanaman hias.

Tanaman yang memiliki nama latin Etlingera elatior kerap dijadikan berbagai olahan karena memiliki rasa yang unik dan aroma yang menggoda. Rasanya agak asam seperti lemon dan pedas seperti jahe. Sedangkan aromanya mirip dengan daun sereh. Selain itu sering juga digunakannya sebagai bumbu masakan, lalapan, campuran sambal matah, hingga menjadi bahan pecel atau urap.

Dilansir dari berbagai sumber bahwa tanaman kecombrang mengandung senyawa golongan fenol, flavonoid, dan glikosida. Bagian batang, daun dan rimpang kecombrang seperti halnya bunga diduga mengandung senyawa bioaktif seperti polifenol, alkaloid, flavonoid, steroid, saponin dan minyak atsiri. Daun, batang, bunga dan rizome tanaman kecombrang menunjukkan adanya beberapa jenis minyak esensial yang kemungkinan bersifat bioaktif. Kandungan minyak esensial tertinggi adalah pada daun yaitu sebesar 0,0735%, bunga sebesar 0,0334%, batang 0,0029% dan rhizome sebesar 0,0021%.

Pemanfaatan tanaman kecombrang di Indonesia cukup banyak mulai dari rimpang sebagai pewarna alami kuning, batang digunakan sebagai bahan anyaman dan bahan baku pembuatan kertas. Bagian tengah tunas daunnya sebagai pemberi aroma masakan atau dimakan mentah dengan nasi. Buah setengah masak untuk campuran masakan, buah masak dapat dimakan mentah atau disambal. Batang direbus dan airnya untuk mandi ibu-ibu sehabis melahirkan atau diminum untuk obat meriang. Penggunaan ekstrak air dan manisan bunga honje dalam pembuatan permen jelly.

Melansir dari Benefits Health Times, berikut beberapa manfaat kecombrang untuk kesehatan tubuh, di antaranya: 

1.      Mencegah bau badan

Bunga kecombrang digunakan juga sebagai bahan pembuatan sabun, sampo dan parfum. Sedangkan daun kecombrang yang dikombinasikan dengan tanaman aromatik lain dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan

2.      Melancarkan ASI

Mengkonsumsi sayuran, buah-buahan termasuk kecombrang dapat membantu mendapatkan ASI dalam jumlah yang cukup. Anda bisa mengolah kecombrang menjadi makanan yang lezat atau sebagai penyedap masakan

3.      Mengobati Luka

Bunga kecombrang dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri. Hal ini tentunya juga baik untuk penyembuhan luka. Ketika di balurkan ke luka, kecombrang akan membuatnya tetap steril sehingga cepat penyembuhannya. Selain itu, kecombrang juga acap kali dimanfaatkan sebagai pengawet alami.

4.      Membersihkan darah

Kcombrang memiliki senyawa alami yang dapat berperan dalam membersihkan darah  dan mencehag bakteri atau virus.

5.      Meningkatkan kekuatan gigi dan tulang

Kecombrang juga mampu meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Pasalnya, kecombrang memiliki kandungan mineral yang tinggi.  Sehingga, mengkonsumsi kecombrang mampu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi serta baik untuk pertumbuhan anak-anak.

6.      Mencegah Dehidrasi  Mengkonsumsi kecombrang juga mampu mencegah tubuh dehidrasi. Pasalnya, kecombrang termasuk salah satu jenis tumbuhan yang mengandung mineral tinggi yang berperan untuk dapat menggantikan cairan tubuh.

7.      Meningkatkan Fungsi Otak

Kecombang  mampu meningkatkan fungsi otak sebagai pusat kendali dalam tubuh manusia.

8.      Kaya akan Vitamin C

Mengutip dari Jurnal Akademika Kimia, bunga kecombrang mengandung vitamin C yang bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian. Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui kadar vitamin C pada 100 gram pucuk bunga kecombrang sebesar 26,40 mg. Sedangkan pada 100 gram bunga yang mekar, vitamin C yang terkandung sebesar 44,26 mg. Artinya, kadar vitamin C pada bunga kecombrang akan bertambah berdasarkan tingkat kematangan.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar