Search

Mahasiswa FKep Unad Beri Edukasi Hipertensi dan Hidup Sehat di keluarga



Oleh : Sovia Susianty
Dosen Fakultas Keperawatan Unand

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, telah menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling merajalela di seluruh dunia. Setiap tahun, jutaan orang terkena dampaknya, yang dapat menyebabkan komplikasi serius seperti penyakit jantung, stroke, dan gangguan ginjal. Hipertensi adalah kondisi medis yang ditandai dengan tekanan darah tinggi yang berkelanjutan dalam pembuluh darah. Ini bisa menjadi tanda bahwa jantung dan pembuluh darah bekerja ekstra keras, yang pada akhirnya dapat merusak organ-organ vital seperti jantung, otak, dan ginjal.

Untuk mengatasi hipertensi dan menjaga kesehatan jantung yang optimal, penting bagi penderita hipertensi untuk menjaga pola makan yang tepat. Pola makan yang tepat dalam hal ini merujuk pada konsumsi makanan dan minuman yang mendukung pengendalian tekanan darah.

Menjaga pola makan yang tepat sepanjang waktu bagi penderita hipertensi bukan hanya tugas sesaat, melainkan suatu komitmen seumur hidup. Langkah-langkah untuk mengatur pola makan yang baik dapat dimulai segera setelah diagnosis hipertensi, dan perubahan-perubahan yang diperlukan dalam diet sebaiknya dilakukan segera. Mengapa menjaga pola makan yang tepat penting? Alasannya sangat signifikan yaitu pertama ; Untuk mengendalikan tekanan darah: Pola makan yang tepat dapat membantu mengurangi tekanan darah, yang merupakan tujuan utama dalam mengatasi hipertensi. Ini dapat mengurangi risiko komplikasi serius seperti serangan jantung dan stroke. Kedua ; Kesehatan Jantung yang Lebih Baik: Dengan menjaga pola makan yang sehat, Anda dapat menjaga kesehatan jantung Anda. 

Ini berarti jantung Anda bekerja lebih efisien dan berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Ketiga ; Kontrol Berat Badan: Pola makan yang tepat juga membantu dalam mengendalikan berat badan. Ini penting karena obesitas dapat memperburuk hipertensi. Keempat ; Kurangi Garam: Mengurangi konsumsi garam adalah langkah utama dengan cara membatasi makanan olahan dan makanan cepat saji yang mengandung tinggi garam. Kelima ; Perbanyak Buah dan Sayuran: Buah (pisang, kentang, tomat)  dan sayuran yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral harus menjadi bagian utama dari diet. Keenam ; Batasi Konsumsi Lemak Jenuh dan Gula: Lemak jenuh dan gula tambahan harus dibatasi. Penting untuk memahami bahwa setiap individu dapat memiliki kebutuhan diet yang berbeda berdasarkan kondisi kesehatan mereka. Konsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi adalah langkah yang bijaksana untuk membantu merencanakan pola diet. 

Tren jumlah penderita hipertensi di Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang adalah isu yang membutuhkan perhatian serius dari pihak Kecamatan, Puskesmas Pauh. Tak terkecuali Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, melalui mahasiswa Program Profesi Ners siklus Keperawatan Komunitas Keluarga kembali  melakukan edukasi pada penderita hipertensi dikeluarga pada tanggal 27 September 2023 dengan didampingi Ibu Ns. Sovia Susianty,M.Kep sebagai Pembimbing Akademik.