Search

Strategi Manajemen Pemasaran Untuk Bersaing dalam Bisnis Online



Manajemen pemasaran adalah proses merencanakan, melaksanakan, dan menelusuri strategi pemasaran suatu organisasi. Hal termasuk rencana pemasaran, kampanye, dan taktik yang digunakan untuk menciptakan dan memenuhi permintaan pelanggan sasaran guna mendorong keuntungan
(Werner Krings, Roger Palme, 2021). Di Indonesia, Malaysia, dan Spanyol, penjualan e-niaga akan naik 20% tahun ini. Pengaruh digitalisasi pada saat ini memengaruhi pemasaran konsumen dan industri. Misalnya, pemasaran digital dapat membantu perusahaan internet menjangkau audiens global.


Pemasaran digital, diaktifkan oleh teknologi seluler, platform media sosial, dan eWOM, telah tertanam dalam kehidupan kita di seluruh dunia dan telah menggantikan mode komunikasi dan pemasaran tradisional. Faktor-faktor ini mempengaruhi perilaku pelanggan dan persepsi turis, berbeda dengan metode pemasaran dan periklanan tradisional.


Strategi pemasaran dapat memanfaatkan penggunaan media sosial dalam pelaksanaannya, karena media sosial dianggap sebagai media virtual yang membantu orang-orang dalam meningkatkan interaksi sosial. Taktik pemasaran yang melibatkan ICT memiliki dampak besar dan langsung terhadap keberhasilan keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Akibatnya, modal kerja mereka terkendala oleh pendapatan bisnis dan dikatakan bahwa memberikan pembiayaan yang cukup kepada UMKM akan meningkat dan bertahan. profitabilitas mereka dan pertumbuhan (Hasan, 2021).


Pemasaran digital dapat didefinisikan sebagai penggunaan teknologi digital untuk menyediakan saluran untuk pemasaran dan mencapai tujuan perusahaan dengan memenuhi dan melampaui harapan klien. Penggunaan teknologi memiliki dampak yang sangat besar terhadap kinerja bisnis.


Manfaat dan tujuan pemasaran digital yang dirasakan oleh perusahaan dapat dikategorikan. Untuk menjawab kebutuhan klien sambil memanfaatkan platform pemasaran digital, strategi terpadu sangat penting. Pemasaran digital telah berevolusi menjadi platform periklanan yang memungkinkan pemilik usaha kecil untuk berkomunikasi secara online. Pemasaran media sosial dapat meningkatkan pangsa pasar dengan mengiklankan dan menjual barang dan jasa online.