Search

KKN Di Malalak Barat, Mahasiswa Unand Adakan les Privat Tentang UUD


Agam,-Tiga orang mahasiswa KKN Universitas Andalas, Khairatul Wardah mahasiswi hukum, Peni Handayani mahasiswi Antropologi Sosial, dan Suwanda Alfasha mahasiswa Sastra Jepang yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ulfanora S.H, M.H melakukan program kerja pendidikan yaitu mengajar les privat UUD di posko KKN UNAND pada hari rabu hingga jumat (09/08/2023 - 11/08/2023)

Kegiatan ini pada awalnya berasal dari program kerja mengajar pengucapan Undang-Undang Dasar di SDN 06 Hulu Banda, namun terdapat beberapa siswa menginginkan untuk jam belajar ditambah, mahasiswa KKN mengambil solusi untuk membuka les privat di posko KKN.

Kegiatan ini dilakukan sepulang sekolah, sekitar pukul 14.00 hingga 16.00. Siswa-siswa yang les privat yaitu Rafi Asyraf siswa kelas VI dan Rakha Muhadzib siswa kelas V. Antusias mereka untuk belajar juga menambah semangat mahasiswa/i KKN untuk mengajarkan mereka lebih lagi terkait UUD ini, mereka berdua rela mengambil waktu mainya untuk datang belajar ke posko KKN UNAND, dan hal itu harus kita apresiasi.

Kegiatan ini diajarkan oleh Khairatul Wardah, mahasiswa tahun ketiga jurusan hukum, Suwanda Alfasha mahasiswa tahun ketiga jurusan Sastra Jepang, dan Pebi Handayani  mahasiswa Antropologi Sosial. Mengenai cara pengucapan Undang-Undang Dasar harus hikmat dan serius, tantangan bagi siswa/i adalah menghafalkan teks UUD sembari mengeluarkan suara perut yang kebanyakan siswa/i masih kesulitan.

Khairatul wardah, salah satu mahasiswi KKN jurusan hukum mengatakan "Target kami adalah membawa adik-adik ini ke lomba tingkat kecamatan yang akan diadakan dalam beberapa waktu kedepan untuk memperingati HUT RI 78, jadi kami mengajarkan dan mengadakan lomba pengucapan UUD ini yang dilombakan antar kelas, hasil dari perlombaan tersebut akan diutus sebagai perwakilan untuk mengikuti lomba tingkat kecamatan di kantor camat Malalak".

Guru-guru, para siswa-siswa SD N 06 Hulu Banda sangat menyambut antusias kegiatan ini, dengan adanya kegiatan ini maka semangat juang kemerdekaan akan tumbuh pada jiwa siswa/i. Bapak Ali Imran selaku Kepala Sekolah SD N 06 Hulu Banda mengatakan, "Alhamdulillah mahasiswa/i KKN UNAND dapat mengajarkan UUD ini, seperti kata bapak sebelumnya, biarlah kecil namun padat atau yang kita ajarkan berarti untuk orang lain, bapak harap hasil dari kegiatan ini dapat memberikan hasil yang terbaik untuk anak-anak kita, dan juga menjadi ladang amal jariyah untuk adik-adik mahasiswa/i KKN Unand".

 

(SUWANDA ALFASHA/MAHASISWA KKN UNAND)