Search

Fakultas Keperawatan Unand Berbagi teknologi Supervisi Dengan RS PROF DR. MA. HANAFIAH SM Batusangkar


 

Dr.Yulastri Arif, M.Kep

Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas

Tanah Datar.-Tim pengabdian Masyarakat Departemen Keperawatan Dasar & Dasar Keperawatan (DKKD) Fakultas Keperawatan Universitas Andalas yang diketuai oleh Dr Yulastri Arif, SKp., M.Kes bersama Pimpinan Rumah Sakit dan para supervisor Keperawatan RSUD Prof Dr. MA. Hanafiah melakukan kegiatan berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi supervisi dalam upaya membangun budaya keselamatan pasien. 

Budaya keselamatan pasien merupakan perilaku esensial yang harus dimiliki semua tenaga kesehatan termasuk tenaga keperawatan yang bertujuan untuk mencegah kesalahan tindakan yang  berakibat kecacatan bahkan kematian pasien. Setiap fasilitas kesehatan berkewajiban menyelenggarakan prinsip-prinsip keselamatan pasien dengan meminimalkan risiko cidera. Salah satu upaya meningkatkan budaya keselamatan pasien adalah meningkatan peran dan fungsi kepala ruangan sebagai supervisor.

Teknologi supervisi terkini yang efektif dalam meningkatkan budaya keselamatan pasien adalah Supervisi model 4S (Structure, Skills, Support, and Sustainable), namun model supervisi ini belum banyak diimplementasikan di layanan keperawatan termasuk di RSUD Prof DR. M.A Hanafiah SM Batusangkar. 

Kegiatan pengabdian diawali dengan survei lapangan untuk menganalisis situasi dan kebutuhan Rumah Sakit dalam membangun budaya keselamatan pasien. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh pimpinan rumah sakit Prof DR. M.A Hanafiah SM Batusangkar dan menyatakan berkomitmen terhadap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan departemen DKKD Fakultas Keperawatan ini.

Kegiatan Pengabdian dilakukan selama dua hari yaitu tanggal 28- 29 Juli 2023 dengan agenda hari pertama adalah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) bersama pimpinan Rumah Sakit terkait dengan pandangan pimpinan terhadap peran supervisor dalam membangun budaya keselamatan pasien. Kegiatan FGD dibuka oleh direktur Rumah Sakit yang diwakilkan oleh sekretaris RS Suwanto, M.Kes dan juga dihadiri oleh Kasie Keperawatan, Komite Mutu dan komite PPI serta Komite Keperawatan. Kegiatan FGD berlangsung lebih kurang 2 jam dipimpin oleh Dr. Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep, hasil FGD menunjukan tingginya komitmen pimpinan dalam mendukung keselamatan pasien sehingga diperlukan teknologi supervisi baru untuk meningkatkan budaya keselamatan pasien pada tenaga kesehatan , khususnya tenaga keperawatan di RSUD DR. M.A Hanafiah SM Batusangkar pada masa yang akan datang.

Kegiatan pengabdian pada hari kedua dilanjutkan dengan mensosialisasikan metoda supervisi 4 S pada 40 supervisor keperawatan di lingkungan RSUD DR. M.A Hanafiah SM Batusangkar dan dihadir juga oleh Kasi Keperawatan  Yuliarti, S.ST, Supervisor Keperawatan Ns. Annedya Handayani, M.Kep, Ns. Nofrita, M.KM sebagai Komite Keperawatan dan Komite PPI yaitu dr. Marsu Walis, M.KM. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Penunjang RSUD DR. M.A Hanafiah SM Batusangkar yaitu dr. Aris Sumantri, M.H, dan ibu Nelwati SKp., PhD selaku Wakil Dekan I Fakultas Keperawatan. Dalam sambutannya, pihak RS menyampaikan pentingnya kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan mutu dan akreditasi Rumah Sakit dan berharap kerjasama dengan Fakultas Keperawatan kedepannya tidak hanya terbatas pada kegiatan pengabdian saja. Kegiatan sosialisasi dilakukan melalui edukasi dan roleplay pelaksanaan supervisi 4S dalam meningkatkan budaya keselamatan pasien.

Nara sumber kegiatan pengabdian ini merupakan  dosen departemen DKKD Fakultas Keperawatan Universitas Andalas yaitu Dr. Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep, Ns. Dewi Murni, M.Kep dan Ns.Esthika Ariany Maisa, M.Kep yang dimoderatori oleh Ns. Ilfa Khairina, M.Kep. Materi yang disampaikan oleh nara sumber sangat menarik dan implementatif sehingga banyak mengundang pertanyaan dari peserta dan pimpinan yang hadir, pada umumnya pertanyaan bagaimana cara mengimplementasikan supervisi 4S, kelemahan dan keunggulan model supervisi ini.

Setelah edukasi, kegiatan dilanjutkan dengan roleplay yang dipimpin oleh Ns. Yuanita Ananda, M.Kep dengan melibatkan 4 fasilitator yaitu Ns. Sidaria, M.Kep, Ns. Muthmainnah, M.Kep dan Dr. dr. Susmiati, M.Biomed yang bertugas mendampingi peserta roleplay dalam  mempraktekkan bagaimana cara mengimplemensikan supervisi 4 S ini. Evaluasi keberhasilan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penilaian pre tes dan pos tes. Selain memberikan edukasi dan roleplay, tim pengabdian juga membentuk tim PIC (Person In Charge) yang bertanggung jawab penuh dalam pemantau pelaksanaan supervisi 4 S ini dan sekaligus sebagai nara hubung dalam berkoordinasi dengan tim pengabdian departem DKKD Fakultas keperawatan Universitas Andalas. Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdiaan ini kinerja supervisor keperawatan menjadi optimal dalam meningkatkan budaya keselamatan pasien sehingga mutu pelayanan keperawatan di RSUD PROF DR. MA. HANAFIAH SM BATUSANGKAR mampu menjamin keselamatan pasien dan keluarga sebagai konsumen.