Search

Perbedaan Pemilu Proporsional Terbuka Dan Tertutup

Salingkaluak,- Proses Pemilu serentak 2024 sudah memasuki tahap demi tahap. Namun Keputusan MK tentang metode pemilu tahun depan terutama untuk pemilihan anggota legislatif belum juga keluar pasca ada yang mengajukan sistem proporsional tertutup. 

Isu proporsional tertutup marak beredar di kalangan politisi di negeri ini. Ada yang mendukung proporsional tertutup ada yang mendukung sistem terbuka. Tentu sesuai dengan alibi atau pemahaman masing masing dalam menerjemahkan sistem pemilu di Indonesia yang memakai pola proporsional. 

Untuk itu ada pentingnya juga kita mengetahui perbedaan sistem proporsional terbuka dan tertutup tersebut. Karena pemilu itu di gelar dan di ikuti seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai Hak pilih dan memilih. 

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini yang di kutip dari portal media online VOI.ID .

Perbedaan Sistem Pemilu Proporsional Terbuka dan Tertutup

Sistem pemilihan umum (pemilu) tidak hanya digelar di Indonesia. Sistem ini dikenal luas di berbagai negara. Secara umum, sistem pemilu memiliki tiga macam yakni pemilu distrik, proporsional, dan pemilu campuran. Sedangkan sistem pemilu yang digunakan di Indonesia adalah sistem pemilu proporsional.

Sistem pemilu proporsional kerap juga disebut dengan sistem pemilihan multimember constituency atau sistem perwakilan berimbang. Secara sederhana sistem pemilu proporsional adalah sistem yang digunakan untuk memperebutkan kursi di parlemen pusat. Kursi tersebut dibagikan kepada partai atau golongan politik yang ikut serta dalam pemilihan sesuai dengan imbangan suara yang didapatnya dalam pemilu.

Di Indonesia, kursi DPR yang diberikan kepada calon dari partai politik akan disesuaikan dengan jumlah suara yang didapat partai politik. Di sistem ini pemilih tidak memilih calon perseorangan namun memilih partai politik.

Pemilu proporsional dibagi lagi menjadi dua yakni proporsional terbuka dan proporsional tertutup. Keduanya sama-sama pernah diterapkan di Indonesia. Lantas apa saja beda keduanya?

   1. Pengertian

Perbedaan mendasar antara proporsional terbuka dan tertutup ada pada pengertiannya. Proporsional terbuka adalah sistem yang dalam pelaksanaannya, para pemilih memilih partau politik atau calon dari partai politik. Para pemilik suara bisa secara langsung memilih calon legislatif yang diinginkan agar bisa menjabat sebagai anggota dewan.

Sedangkan dalam proporsional tertutup, pemilik suara hanya bisa memilih partai politik tertentu. Nantinya parpol yang akan menentukan siapa kader yang bisa duduk menjadi anggota dewan.

    2.Sistem Coblos Gambar

Secara sederhana, pemilik suara akan melakukan pencoblosan gambar caleg partai pada proporsional terbuka. Sedangkan pada proporsional terbuka pemilik suara akan mencoblos gambar partai.

   3. Pengajuan Daftar Calon

Pengajuan calon dalam proporsional terbuka dan tertutup juga berbeda. Pada proporsional terbuka, parpol akan mengajukan daftar calon yang biasanya hanya didasarkan pada nomor urut. Sedangkan di proporsional tertutup pengajuan calon akan diajukan oleh parpol berdasarkan nomor urut yang sudah ditentukan sebelumnya.

    4.Penentuan Calon Terpilih dalam Partai

Penetapan calon juga berbeda. Pada proporsional terbuka, penetapan calon yang terpilih didasarkan pada perolehan suara terbanyak calon. Sedangkan pada proporsional tertutup, penentuan calon yang terpilih biasanya diambil dari nomor urut. Misalnya, jika partai mendapat dua kursi maka calon yang ditunjuk adalah calon dengan nomor urut 1 dan 2.

    5.Keterwakilan Pemilih

Keterwakilan pemilih bisa sangat dirasakan dalam sistem proporsional terbuka karena dalam sistem ini masyarakat bebas memilih siapa tokoh yang ia jagokan untuk duduk di legislatif. Pemilih juga bisa mengawasi tokoh yang dipilihnya. Sedangkan di proporsional tertutup, keterwakilan masyarakat tidak terasa karena pemilih tak bisa memilih secara langsung wakilnya. Kadangkala tokoh pilihan parpol berbeda dengan polihan pemilih.

    6.Posisi Kader pada Partai

Dalam sistem proporsional terbuka, posisi kader pada partai tidak terlalu berpengaruh. Kader yang memiliki rekam jejak baik dan dapat dukungan penuh dari masyarakat bisa maju dalam pemilu dan jika menang, ia dapat menduduki kursi. Sedangkan pada proporsional tertutup, posisi kader pada partai sangat berpengaruh. Kader yang dekat dengan elite politik biasanya akan memiliki karier yang lancar meski ia tak didukung oleh masyarakat.