Search

Masjid Arsyad Nankodok Gelar Khatam Alquran ke 25



Payakumbuh
,Tiga tahun sekali masjid Arsyad Nankodok Kelurahan Tigo Koto Dibaruah Payakumbuh utara Kota Payakumbuh ini gelar perayaan khatam Alquran. Tahun ini merupakan yang 25 sejak masjid ini di dirikan.

Masjid yang di dirikan tahun 1930 silam oleh Syech haji Ja'far dikenal sebagai tempat belajar agama oleh masyarakat sekitar. Walau tidak dalam bentuk dunia pendidikan formal, namun mampu menjadi pusat syiar agama bagi warga sekitar. 

Pendiri masjid Syech Haji Ja'far dikenal sebagai pengikut Tariqoh Qadiriyah. 

Perayaan khatam Alquran Tahun ini ada 111 peserta (52 putra dan 59 putri) yang ikut khatam Alquran. Peserta berasal dari Tempat pendidikan Alquran (tpa) yang ada di Kelurahan Tigo Koto Dibaruah atau dari luar.

Murid murid TPA ini setelah didaftarkan sebagai peserta khatam akan melalui tahap seleksi dari panitia. Mereka akan diuji bacaan dan hafalan surat pendek serta bacaan sholat. Bagi yang lulus ikut khatam dan akan ikut dilombakan bacaannya. Dari lomba ini nanti akan ada hadiah hadiah menarik dari panitia.

Pada acara puncak diadakan pawai khatam Alquran. Peserta Khatam diarak berjalan kaki ke Kantor KAN Koto Nan Godang Dikelurahan Tongah Koto Dibalai. 

Di Nagari Koto Nan Godang Payakumbuh Utara perayaan khatam alquran adalah tradisi budaya yang digelar dengan prosesi adat. Segala lini terlibat dalam alek ini. Tuangku, Niniak Mamak, cadiak pandai, bundo kanduang rang mudo paga nagari ikut serta mensukseskan perayaan khatam Alquran tersebut. 

Perayaan khatam Alquran di Koto Nan Godang selalu dimeriahkan dengan berbagai hadiah bagi peserta khatam. Khatam Di Masjid Arsyad kali ini hadiah untuk juara 1 dan 2 masing masing dapat 1 ekor sapi, 3 dan 4 dapat laptop. Untuk sampai ranking 21 ada hadiah barang barang elektronik berupa mesin cuci dan kulkas. Seluruh peserta juga kebagian bintang emas. 

hadiah yang disediakan panitia berasal dari sumbangan baik di kampung maupun di rantau. Perantau Koto Nan Godang dimana saja merantau selalu mengirim hadiah. Juga dari jamaah masjid masjid yang ada di Koto Nan godang ikut menyumbang hadiah. 

Proses pelaksanaan perayaan khatam Alquran ini dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat.