-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Bahasa Yang Baik, Menunjukkan Watak Si Penutur



Pasaman - Kepala SMAN 3 Sumatera Barat, Alfian HSB mengatakan berselancar di dunia digital, harus menggunakan bahasa yang baik karena internet dapat diakses oleh banyak orang.

"Setiap bahasa menunjukkan kepribadian penuturnya, dan juga ada undang-undang yang mengatur yaitu UU ITE," kata Alfian saat menjadi narasumber webinar Kominfo RI di Pasaman, Sabtu (28/8/2021).

Dijelaskan Alifan, ada beberapa upaya untuk kesantunan berbahasa. Misalnya, jangan memaksa angkuh, pilih kata yang membuat nyaman, hindari fitnah, prasangka, berusaha ramah, utamakan persahabatan, hindari konflik, dan pertimbangkan efek dari apa yang disampaikan. 

"Mari selalu berbahasa yang baik dan benar di dunia digital. Karena setiap apa yang kita sampaikan dan bagaimana menyampaikannya sebenarnya menggambarkan kepribadian  kita sendiri," tegasnya.

Webinar itu juga diisi oleh sederet narasumber yaitu Krisna Primanti, (Guru SMK Yapari Aktripa dan Instruktur Penyelia Swasta Kemnaker RI), Djaka Dwiandi (Praktisi Digital dan Fotografer), dan Mauluddin (Sespri Wakil Bupati Pasaman) serta Key Opinion Leader oleh Agatha Christina seorang Influencer.[*]

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar