Search

Bupati Lima Puluh Kota Buka Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat UNP


Lima Puluh Kota,-- Untuk membantu meningkatkan kemandirian masyarakat serta memberdayakan potensi masyarakat maupun sumber daya alam, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo membuka Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) Tahun 2021, pada Kamis (1/7/2021), di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak.

Dalam sambutannya, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengucapkan terima kasih kepada UNP yang telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Lima Puluh Kota

Pasalnya pada tahun 2021 ini, UNP mengalokasikan dana sekitar 513 juta rupiah dari PNPB UNP dengan 20 judul kegiatan yang terdiri dari beberapa skema, diantaranya program kemitraan masyarakat, pengembangan kewirausahaan, pengembangan nagari binaan, serta pengembangan produk unggulan daerah

"Kehadiran para mahasiswa dan dosen akan sangat membantu kami dalam melahirkan program program dan berperan dalam meningkatkan IPM di di Kabupaten Lima Puluh Kota. Karena dengan SDM yang bagus akan mudah mengelola potensi SDA untuk meningktkan kesejahteraan masyarakat,"ucapnya.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, Lima Puluh Kota sebenarnya mempunyai SDA yang luar biasa, namun potensi itu belum tergarap dengan maksimal. Untuk itu kehadiran mahasiswa UNP di nagari diharapkan mampu melahirkan ide-ide yang inovatif dalam mengembangkan potensi Nagari terlebih di era digitalisasi untuk menyongsong pertumbuhan ekonomi 

"Dalam rentang waktu 3 bulan kepemimpinan, kami  telah berkunjung dan menapaki 8 Kementerian, dan sudah 3 orang menteri telah berkunjung ke Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai langkah pengembangan potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini akan memberikan dampak positif dan tentunya memotivasi semangat masyarakat untuk membantu memajukan pendidikan.  

“Sentuhan terhadap pendidikan dasar harus menjadi perhatian kita bersama. Semoga kegiatan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini terus ditingkatkan” ucap Rektor UNP. 

Ia juga menyampaikan dalam kondisi pandemi COVID-19 ini , kita semua harus menjadi role model dalam mematuhi COVID-19.

Selain itu, Wali  Kota Payakumbuh yang diwakili Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, SE, MM menyatakan program pengabdian merupakan kerja nyata dunia pendidikan dan pemerintah. 

Ia berharap semoga ilmu yang diterima ini dapat terapkan langsung serta bersama-sama memajukan dunia pendidikan 

Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh Bupati Lima Puluh Kota, Rektor UNP, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Wali Kota Payakumbuh, Sekda, Ketua Lembaga, Wakil Dekan dan Dosen Pengabdian.(kominfo)