Search

Bersama Wawako dan Indo Jalito, PERTAP Lakukan Rehab Rumah Warga Tidak Mampu

 


Payakumbuh ,- Bentuk kepedulian komunitas  Pertap atau Persatuan Tali Asih Payakumbuh  dalam kegiatan Jumat Berkah menuai hasil yang sangat mengejutkan dan di luar dugaan, terbukti pada Jumat (12/2), rehab atau bedah rumah milik Rifdi Yosanmanta atau Arif (38 tahun) mulai dikerjakan. Bahkan bantuan swadaya itu turut disupport oleh orang nomor dua di Kota Payakumbuh, yakni Wakil Wali Kota Erwin Yunaz. 

Sebelumnya, Rabu (10/2) Wawako Erwin didampingi oleh Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, Lurah Sicincin Afrina Hanoum, RAPI, PERTAP, PDAM, PLN dan masyarakat Padang Palasan Kelurahan Sicincin Kecamatan Payakumbuh Timur mendatangi rumah Arif.

Rumah Arif sendiri sudah pernah diajukan untuk menerima bantuan program rehab rumah dari APBN/APBD Kota Payakumbuh, akan tetapi karena status tanah yang ditempati rumah Arif bukan milik pribadi dan belum ada persetujuan pemilik lahan untuk menghibahkan atau mengkuasakan pemakaian dalam jangka minimal 10 tahun, maka bantuan RTLH buat Arif tidak bisa diberikan. 

Komunitas Pertap bekerjasama dengan ibu-ibu perantau minang Indo Jalito, dengan dijembatani oleh Wawako Erwin Yunaz akhirnya bisa "mampasamoan" dan melaksanakan proses rehab atau bedah rumah ini secara perdana.

"Berkat hubungan baik dan kerja sama serta bantuan oleh berbagai pihak akhirnya rehab rumah terlaksana dengan baik," kata Wawako Erwin Yunaz.

Sementara itu, Hasan Basri selaku Ketua Pertap mengatakan kegiatan rutin Pertap juga menyantuni anak-anak yatim, fakir miskin, dan kaum dhuafa yang dilakukan setiap hari Jumat. 

"Saat itu kami sedang menyantuni anak yatim, mendapat laporan warga ke komunitas Pertap kalau ada salah satu warga rumahnya tidak layak huni. Akhirnya kami mencoba survey ke lokasi, dan benar rumah warga tersebut sangat memprihatinkan," ujarnya.

Seluruh pihak terlibat berharap semoga dengan terbangunnya rumah baru ini, membuat Arif dan istrinya Rita lebih nyaman beristirahat tanpa harus memikirkan hujan bocor dan tergenang air.

"Kami sangat berterimakasih kepada Wawako Erwin Yunaz serta Indo Jalito dalam Jumat Berkah ini yang ikut memberi bantuan kepada warga untuk merehab rumah. Tentunya kami juga siap menampung serta menerima sumbangan untuk kegiatan selanjutnya," timpal Wakil Pertap Seprianto.

Arif selaku pemilik rumah mengucapkan banyak terima kasih kepada Komunitas Pertap, terutama kepada Wawako Erwin Yunaz serta Indo Jalito atas bantuan dan kepeduliannya yang telah membangunkan rumah yang layak baginya dan keluarga. (Humas)