-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Yunani dan Turki Dihantam Gempa Dan Sunami

 



Gempa berkekuatan M 7,0 telah mengguncang provinsi Izmir, Turki, Jumat 30 Oktober 2020.



Setidaknya 20 bangunan hancur, sementara sejumlah bangunan di Bornova dan Bayrakli juga turut hancur.

USGS mencatat gempa itu terasa hingga Athena (ibu kota Yunani) dan Istanbul (salah satu kota terbesar di Turki). Laporan mengatakan gempa juga dirasakan di Pulau Kreta, Yunani.



Perlu diketahui Turki dan Yunani memang sama-sama berada di garis patahan gempa. Gempa bumi merupakan peristiwa yang lazim terjadi.

BMKG Indonesia merelis informasi Gempa tersebut :

GEMPABUMI TEKTONIK M7,1 MENGGUNCANG TURKI, YUNANI DAN BULGARIA, TSUNAMI TIDAK BERDAMPAK KE INDONESIA  

Kejadian dan Parameter Gempabumi: 

Hari Jumat, 30 Oktober 2020 pukul 18.51.26 WIB wilayah Kepulauan Dodecanese, Yunani diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo Mw=7,1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 37.89 LU dan 26,84 BT, berlokasi di laut pada jarak 17 km arah barat laut Samos, Yunani pada kedalaman 10 km. 

Jenis dan Mekanisme Gempabumi: 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi batuan kerak dangkal di area tersebut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun ( normal fault ).  

Dampak Gempabumi: 

Guncangan gempabumi ini dirasakan di negara Turki, Yunani, Bulgaria dan Makedonia Utara. Gempabumi ini menimbulkan TSUNAMI LOKAL yang tercatat di stasiun-stasiun tide gauge di Yunani, yaitu stasiun Syros ±8 cm, Kos ±7 cm, Plomari ±5 cm dan Kos Marina ±4 cm, sedangkan stasiun tide gauge di Turki tidak ada data.

Rekomendasi: 

kepada masyarakat dihimbau tetap tenang karena tsunami tidak berdampak ke wilayah Indonesia dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.*  


Jakarta, 30 Oktober 2020

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG 

RAHMAT TRIYONO, ST.,Dipl. Seis., M.Sc.

Video by Group WA



Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

Mitra