Search

Hiu Tutul Sepanjang 7 Meter Terdampar Di Pantai Muara Surantih

 


Pesisir Selatan,-  Senin 26/10 warga pesisir pantai Muara Surantih  Kecamatan Sutera kabupaten Pesisir Selatan dikagetkan dengan terdamparnya seekor ikan hiu jenis tutul. Ikan Hiu Tutul yang memiliki nama latin Rhincodon typus, memiliki panjang sekitar 7 meter 

Menurut informasi yang didapat awak media dilapangan dari warga setempat, ikan hiu tutul sepanjang 7 meter itu, pertama kali diketahui menepi kepinggir pantai oleh nelayan pukat hela di Pantai Lansano sekitar Muara Surantih, sekira pukul 10.00 WIB tadi pagi. 

Baca Juga: Masuk Riau Wajib Rapit Tes

Ikan hiu tutul atau ikan kanca-kanca sebutan nelayan disini diperkirakan memiliki berat sekitar 2,5 ton, sebut Irawan (28) salah sorang nelayan setempat dilokasi.

Ia menerangkan, sebelum terdampar dan dibawa kemuara Surantih,  Oleh nelayan pukat hela  sudah beberapa kali berusaha menghalau hiu tersebut ke tengah laut. Namun, hiu tutul tersebut kembali menepi kepinggir pantai.

Sudah di halau ketengah laut, tapi hiu tutul itu kembali ketepi pantai, ujar Irawan. 

Nelayan tersebut juga menceritakan bahwa sebelum tadi pagi terdampar ke tepi pantai, 5 hari sebelumnya, beberapa orang nelayan sudah melihat hiu tersebut berputar-putar di tengah laut sekitar pulau yang berada diperairan pantai Surantih dan jarak dari pantai cukup jauh waktu itu.

Kendati demikian, lanjutnya, karena kembali menepi setelah di halau ketengah, hiu itu dibawah masuk kedalam kawasan muara Surantih menggunakan boat nelayan. 

Hiu itu sudah mati saat dibawah oleh nelayan kedalam muara. Kelihatannya, hiu besar itu memang sudah sakit dan mati tadi pagi, katanya.

Baca Juga: Alzam Deri : Ashelfine-Sarikal Dengan Rasa Satu Langkah Menuju Kemenangan Pilkada 2020

Lanjutnya lagi, saat ini hiu itu masih berada di dalam muara surantih. Tepatnya, di Tempat Pelabuhan Ikan (TPI) Surantih. Kondisinya sudah mati. Untuk informasi kapan dieksekusi kami belum tahu, karena kalau untuk dibawah keatas permukaan tidak bisa karena ukurannya cukup besar, tutupnya

Sementara itu, Ketua Nelayan Sutera, Ramadhan mengatakan, terkait adanya hiu yang terdampar pihaknya sudah melapor ke pihak Dinas Perikanan Pessel, Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang dan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi.