Search

Sumatera Barat Dimata Audy joinaldy


Payakumbuh,- Sumatera Barat memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi. Potensi ini boleh dibilang melebihi daerah lain. 

Hal ini diungkapkan oleh bakal calon Wakil gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy kepada awak media Luak Limopuluah di Dangau Kawa Daun Payakumbuh pada Minggu 20/9 mallam. 

Bacalon Wakil Gubernur Sumbar yang dipilkada 2020 ini maju mendampingi Buya Mahyeldi Ansharullah dengan diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Persatuan Pembangunan ini singgah menikmati menu kawa daun usai kegiatan sosialisasi dengan pengurus daerah Partai Koalisi di Payakumbuh dan Limapuluh Kota. 

Audy mengatakan hal ini dilihatnya setelah ia melakukan roadshow keliling Sumbar sosialisasi untuk maju di pilkada serentak 2020. Selama 2 bulan hampir 350 nagari sudah didatangi Bacalon Wagub Milenial ini.  

Cawagub Sumbar yang mendampingi Mahyeldi Amsarullah itu, mengatakan tak hanya potensi alam, Audy juga mengakui anak-anak muda Sumbar atau kalangan Milenial sangat kreatif dan SDM yang hebat.

Ia menuturkan dari hasil berkeliling itu, ia mendapatkan ide yang banyak dan akan menjadikan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) untuk pembangunan Sumbar.

Salah satu yang menarik bagi Audy adalah potensi usaha mikro kecil menengah (UMKM) selain pertanian, perikanan, perkebunan dan pariwisata.

Saya sempat mengadakan sebuah kompetisi kecil yang bekerjasama dengan sekolah binis Institut Pertanian Bogor (IPB) serta Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, yaitu kompetisi entrepreneur success challenge. Ternyata banyak sekali proposal bisnis dari anak muda minang yang sangat menarik, ucap Audy.

Audy mengungkapkan itu buktinya bahwa benar banyak pemuda Minang yang memiliki ide dan gagasan tapi belum bisa digali dan disalurkan. Hal ini menjadi salah satu yang menjadi alasan dirinya masuk dalam percaturan pemilihan Cagub dan Cawagub Sumbar 2020.

Saya melihat semua ini bukan masalah uang, namun itu karena network atau jaringan, makanya dengan adanya kompetisi entrepreneur success challenge tersebut, mereka diajarkan bagaimana cara memasarkan produk yang bagus, dan diera digital ini apa yang harus diperbuat, ungkapnya.

Audy menegaskan Sumbar memiliki pemuda yang kreatif yang bisa menjadi penggerak dan mempunyai bonus demografi, serta potensi alam yang luar biasa. Saya melihat potensi itu, dan sangat sayang sekali jika dibiarkan, tutup Audy.